Music's Top LIst / The List

Top 10 Music Videos of 2014


MARY

Saya tidak terlalu berbahagia dengan pengalaman menonton video musik sepanjang 2014. Ternyata tahun ini sulit sekali menemukan video yang inovatif dan unik. Dan sedikit pula waktu saya untuk menemukan keberadaan mereka. Semoga saya tidak melewatkan terlalu banyak video musik yang telah rilis di tahun ini. Nah, setelah saya pilah-pilah lagi, akhirnya terangkum 10 video musik favorit saya untuk 2014. Check it out!

 

10# Partition [ Beyonce ]

Directed by Jake Nava

Beyonce menunjukan tiap lekukan tubuh, gesture, dan sorot mata tajamnya adalah karya seni yang memabukan. Ia menjadi heroin untuk para pemuja kaum hawa. Hanya ada satu kata lagi “SEXY”.

 

9# Did We Live Too Fast [ Got A Girl ]

Directed by Hope Larson

Hitam putih jadi magnet artistic utama. Set dekorasi dan kostum mengigatkan kita pada dunia retro serial Mad Man. Well, gara-gara ini, saya baru tahu Mary Elizabeth Winstead punya warna suara yang menarik hati.

 

 

8# Chasing Time [ Azealia Banks ]

Directed by Marc Klasfeld

Azealia seolah ingin menunjukan beginilah cara membuat video musik R&B yang benar. Ada koreografi di sana-sini. Dramatis dengan warna hitam putih. Di tambah kostum seksi bercita rasa seni. Ya, semuanya terlihat bak barang seni dalam video ini.

 

7# 7/11 [ Beyonce ]

Directed by Beyonce Knowles

Twerking di mana-mana. Gadis-gadis seperti kesurupan saja. Mereka menari mengikuti irama sang kapten, Beyonce. Menariknya lagi, video ini seolah ingin tampil begitu natural dengan mengambil visual yang kasar bak pengambilan gambar dari video amatiran. Tapi hasilnya justru unik.

 

6# Queen (Perfume Genius)

Directed by Ssion/Cody Critcheloe

Satu lagi yang surealis dan penuh kesan “dingin”. Perfume Genius dan beberapa drag queen menjadi lakonnya di sini. Banyak scene yang menawarkan simbol-simbol tersendiri. Bak menyaksikan sebuah eksibisi yang eksentrik.

5# Grab Her (Disclosure)

Directed by Emile Sornin

Semua yang ditampilkan benar-benar surealis. Pulpen, meja, kertas, hingga air kencing sekalipun mendadak bergerak ke atas seakan menolak gravitasi. Membuat terkekeh di sepanjang durasi.

 

4# Two Weeks (FKA twigs)

Directed by Nabil

Bak menonton remake dari Queen of the Damned. Nabil seolah berusaha memunculkan aura Aaliyah dari diri FKA twigs. Kostum, latar, dan atmosfer mistis yang dibangun benar-benar mengingatkan kita dengan film tersebut. Ditambah dengan warna vokal twigs yang hampir mirip dengan Aaliyah.

 

3# Just One of The Guys (Jennie Lewis)

Directed by Jenny Lewis

Cukup dengan mengundang tiga aktris muda paling bersinar, Kristen Steward, Anne Hathaway, dan Brie Larson telah membuat video musik ini berwarna. Terlebih ketiganya melakukan kekonyolan; berkumis, berpakaian pria, main band, hingga break dance. Menggelikan, tetapi mereka tetap cantik kok J

2# Wedding Bells [ Cashmere Cat ]

Directed by Peter Marsden

Terkesan. Ini pertama kalinya saya melihat konsep video musik yang dikemas dalam bentuk trailer film. Agar lebih meyakinkan, ditambahkan pula beberapa komentar pujian lengkap dengan rating bintangnya. Unik

 

 

 

1# Chandelier [ Sia ]

Directed by Sia and Daniel Askill

 

Maddie Ziegler menghidupkan Chandelier. Gadis berusia 11 tahun ini menari-nari mengisi kehidupan di sebuah apartemen yang kosong. Berkat koreografi Ryan Heffington yang imajinatif, Ziegler menerjemahkannya ke dalam mimik dan gestur tubuh yang mempesona. Saat itu kita percaya Ziegler adalah bentuk mini dari Sia. Bukan semata wig putihnya itu, namun juga terjadi sinergi sempurna antara lagu dan visualisasinya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s