Music's Top LIst / The List

Top 10 Songs of 2014


COVER SONGS

 

Oke, akhirnya sampai ke bagian kedua untuk daftar The Year in Music 2014. Di bawah ini, saya rangkum  daftar 10 lagu terbaik sepanjang 2014 versi deLupher. Sebelum mengerucut ke sepuluh besar, ada beberapa lagu yang juga saya pertimbangkan dan masuk sebagai Honorable Mentions. Silahkan menikmati playlist-nya.

/ Honorable Mentions /



ed-sheeran-thinking-out-loud-thumbThinking Out Loud – Ed Sheeran

Ed Sheeran mengirimkan seikat kegombalannya tentang cinta. Terdengar klise dengan petikan akustik, namun itu yang membuat tembang balad ini bekerja dan ampuh menusuk sukma. Sementara itu liriknya akan berulang kali terngiang dalam ruang renung kita.

taylor-swiftOut of the Woods – Taylor Swift

Saya berusaha keras mendengarkan 1989 dan membuang harapan tentang the Queen of Country terhadap Ms. Swift di sini. Hasilnya, saya menemukan Out of the Woods sebagai eksplorasi pop old school mutakhirnya dengan dentuman perkusi dan synth yang pekat.

 

aphex-twinminipops 67 [120.2] – Aphex Twin

Katanya nomor ini sudah direkam Richard D James aka Aphex Twin sejak 2007 silam. minipops 67 menawarkan racikan electronic music yang lebih eksperimental, lembut, dan merdu. Seakan olahan suara komputerisasi tersebut membawa kita ke dalam ruang kontemplasi yang candu.

Ariana_Grande_-_Problem_(Official_single_cover)Problem – Arianna Grande (feat. Iggy Azalea)

Tahun ini, Arianna dan Iggy membuat kolaborasi apik lewat nomor cantik berbalut pop R&B. Problem dikemas dengan nafas vintage. Dengarkan letupan saxophone yang membuat alunan track ini kian soulful. Semacam akan membuat Anda terus mendendangkan “I got one less, one less problem…”.

 

michael-jackson-xscape-cover-artwork-300x300Love Never Felt So Good (Original Version) – Michael Jackson

Ketika Anda mendengarkan Love Never Felt So Good versi demonya yang hanya diiringi dentingan piano dan vokal MJ, maka di sanalah Anda akan menyadari mengapa Anda jatuh cinta dengan seorang MIchael Jackson. Lagu ini mengingatkan kita bagaimana MJ yang berkharisma lewat tembang-tembang balad berlirik roman.

 

Bcyhq0oCAAEt_vIBoss Ass Bitch (Remix) – Nicki Minaj feat. PTAF

Saya sempat terkekeh sendiri mendengar bagaimana Nicki me-remix tembang milik PTAF ini. Badass, Anda tak hanya akan terngiang-ngiang dengan iramanya, tetapi juga tergelak mendengar setiap “kejutan” yang meluncur dari mulut seorang Nicki.

 

Gorgon-City-Here-For-YouHere For You  – Gorgon City (feat. Laura Welsh)

Salah satu kolaborasi yang ampuh membius saya tahun ini. Elemen electronic music ala Gorgon City yang begitu kalem berpadu dengan vokal minimalis Laura. Keduanya solid mengantar kita kepada satu racikan EDM yang kaya kontemplasi.

 

 

 

 

 

 [ THE TOP 10]

 

 

 

10# MAKE IT LOOK GOOD

[ Mariah Carey ]

mariah

Listen

Akhirnya saya bisa mendengarkan lagi the real angel voice of our diva Mariah Carey dengan kenimatan yang sepenuhnya. Make It Look Good tidak hanya menyenangkan sebagai balad, tetapi juga membawakan kita semacam komposisi R&B klasik yang membekas. Tembang ini memberikan ruang yang lapang untuk Mimi bermain dengan range vocal-nya. Tak ketinggalan whistle voice yang mempesona di balik iringan harmonika dan segala bentuk orkestrasinya.

 

9# GUNSHOT

[ Lykke Li ]

7-lykki-li-1 wonderingsoundcotcom

Listen

Gunshot penuh rimbunan metafora. Ia terlantun penuh emosional dalam mengisahkan sebuah babak kegagalan cinta, sebuah pengharapan, begitu pun penyesalan. Sebuah lagu patah hati yang tengah memanggil kembali masa lalunya. “I’m longing for your poison. Like a cancer for its prey…” Lykke Li menyenandungkannya dengan seikat gejolak yang meledak-ledak. Kedukaan mencapai titik kuasanya.

 

8# I PREFER YOUR LOVE

[ St. Vincent ]

 

1401x788-St Vincent ACL-5 (1)

Listen

Dibandingkan tracks lainnya di album teranyar St. Vincent, I Prefer Your Love justru tampil sederhana dengan tempo pelan dan lirik penuh ambiguitas. Benarkah lagu ini hanya menekankan hubungan seorang individu dengan Tuhan? “I prefer your love… to Jesus”. Banyak interpretasi yang bisa dimunculkan. Sebuah balad yang unik dan mengesankan.

 

7# TALKING BACKWARDS

[ Real Estate ]

realestate

Listen

Entahlah, musik Real Estate bagi saya selalu identik sebagai sebuah soundtrack kontemplasi serta perjalanan. Begitu pula atmosfer yang dihadirkan pada Talking Backwards. Saya bisa rasakan betul kehangatan petikan gitar bertemu dengan warna suara vokalis Martin Courtney yang menenangkan. Salah satu yang terbaik dari Real Estate sejauh ini.

 

6# TOUGH LOVE

[ Jessie Ware ]

dannycraddendotcom

Listen

Tough Love menjadi salah satu nomor pop terbaik tahun ini, tak hanya lantaran vokal Jessie yang “dingin” dan eksentrik itu, tetapi juga berkat campur tangan BenZel di dalamnya. Senyawa synths yang merasuk ke dalam nuansa balad lagu ini mampu meletupkan alunan romantis yang tak biasa. Dentuman echo percussion terdengar melodis seakan merepresentasikan sebuah perasaan dingin yang merambat pelan.

 

5# WEST COAST

Lana Del Rey

Lana Del Rey

Listen

West Coast menjadi pelatuk terbaik Lana dalam mempresentasikan album teranyarnya, Ultraviolence. Lagu yang ditulisnya bersama Rick Nowels ini menawarkan tekstur musik yang unik dan beda dari rilisan-rilisan Lana sebelumnya. Atmosfer 80’s, balutan pop mid-tempo dengan aroma rock dan dentuman reggae. Vokal Lana membuatnya semakin kelam dan eksentrik. Karakter vintage classic benar-benar melebur di dalamnya.

 

4# BUMERANG

[ Tulus ]

bastianajich

Listen 

Bagi yang pernah terjebak dalam kondisi percintaan friendzone, maka lagu ini menjadi pukulan tersendiri. Bumerang menjadi tembang yang mengelitik serta satir terhadap konteksnya sendiri. Uniknya, Tulus tak menjadikannya sebagai lagu termewek-mewek dengan segenap gumam muram. Malah, Bumerang menjelma sebagai soundtrack kebangkitan diri dan luapan kekesalan. Mendengarkannya, saya anggap sebagai sebuah terapi tersendiri.

 

3# QUEEN

[ Perfume Genius ]

wdiy.org

Listen

Nampaknya pantas menyematkan predikat Gay Anthem of The Year untuk salah satu track pamungkas Perfume Genius tahun ini. Lagu ini menjadi bentuk curahan hati sang vokalis Hadreas terhadap pengalaman yang ia sebut sebagai gay panic. Ada elemen psychedelic  rock yang begitu ambisius dalam nyawa lagu ini.

 

2# TWO WEEKS

[FKA twigs ]

2014 Pitchfork Music Festival - Day 2

Listen

Two Weeks  bak sebuah persembahan khusus dari FKA twigs kepada skena musik R&B. Racikan musiknya benar-benar mengikat karakter FKA twigs sebagai suatu yang unik dan khas di dalamnya. Desahannya mengantarkan elemen sensual, sementara warna suaranya yang utuh menjadi sebuah tribute to Aaliyah. Two Weeks menghadirkan nafas balad yang eksentrik dan ampuh memabukan telinga Anda.

 

1# FLAWLESS

– Beyonce (feat. Nicki Minaj) –

Beyonce-in-Glasgow-mirrorcouk

Listen

Damn, versi remix Flawless ini benar-benar membuat hari saya flawless setiap mendengarkannya. Sebuah racikan eksentrik dengan merangkai ulang beberapa bagian unik dari versi originalnya yang bersama Chimamanda Ngozi Adichie. Terlebih dengan kehadiran Nicki Minaj pada bagian rap, membuat hasil akhir tembang ini patut diacungi dua jempol. Kolaborasi yang sangat “heroin” untuk dinikmati telinga kita. Seperti biasa, Beyonce membawa spirit feminisnya di sini, bahkan ada sindiran konyolnya tentang kasus “elevator” itu (you know what I mean)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s