The List

TOP 10 SONGS OF 2012


Rihanna-Unapologetic-Prohanna-32700463-1920-1440

Sampai juga pada postingan kedua dalam serangkaian #delupherMusicChoice2012. Kali ini saya akan merangkum lagu-lagu terbaik sepanjang 2012 menurut versi delupher. Setahun penuh gempita dubstep, pop dan R&B, banyak lagu-lagu yang pintar bermain di ranah mainstream serta piawai meracuni indra pendengar. Sebut saja semacam Payphone ‘Maroon 5’, Starships ‘Nicky Minaj’, hingga si Call Me May Be ‘Carly Rae Jepsen’.

Tidak ada yang salah, saya sangat menyukai mereka sedari awal. Tapi justru karena lagu-lagu mereka berungkali terus diputar, wara-wiri di telinga dan pikiran. Efek selanjutnya lebih dari kata membosankan, berujung pada niatan membejek-bejek muka seseorang, oopppsss…!!! Ternyata saya berada di fase overdosis dan tak bisa lagi menilai keindahan lagu-lagu tersebut dalam rentang waktu yang lebih lama lagi. Maka, saya pun menyerah untuk setia mencintai mereka.

Untungnya, di segala tumpukan mainstream tersebut, saya masih menemukan karya-karya musik mengesankan dari musisi-musisi yang barangkali baru saya mengenalinya tahun ini. Mereka membawakan genre yang variatif serta kekuatan karakter musik masing-masing. Merekalah yang menghadirkan lagu-lagu terbaik dalam daftar di bawah ini. Silahkan menyantapnya…..

 

Honorable Mentions

# Angin Pujaan Hujan – Payung Teduh

Sebuah gubahan teduh bernyawa puitik ini mengundang kita untuk menikmati kembali alunan musik tempo dulu yang dibalut dengan cita rasa kontemporer. Rasa Indonesia 60’an menyeruak dari racikan keroncong, gitar akustik dan tepukan perkusi sederhana.

# Lullabies – Yuna

Dalam senyawa pop jazz dengan racikan minor, Yuna melebur tak lupa membawa serta nuansa etnik dari vokal khasnya. Lullabies adalah pernyataan dari sebuah kekaguman; indah menyejukan.

# Who – David Byrne & St. Vincent

Kolaborasi yang eksentrik. Terdengar sebagai perayaan dari absurditas. Seperti sebuah musikal yang riang berdendang namun tetap memancarkan ‘dingin’ misteri. Ya, gubahan jazz yang mutakhir.

# Super Rich Kids – Frank Ocean (feat. Earl Switshirt)

Ya, menarik menyelami intronya yang super groovy. Kemudian terlintas berbait-bait lirik yang penuh satir. Ini tentang kesepian yang tersembunyi daan naasnya selalu menghasilkan ironi.

# Stay – Rihanna feat Mikky Ekko

Diam-diam Rihanna menyuntikan kegalauan lewat duetnya dengan Tuan Ekko ini. Dari setiap dentingan piano yang berkumandang, beragam nada-nada melankolia mengalir penuh renungan. Inilah yang menjadikan Stay terdengar sangat personal.

 

Top 10 Songs of The Year

 

#10  Give Me Love

(Ed Sheeran)

Ed-Sheeran-640x380

Salah besar jika memutar lagu ini di saat hati sedang galau. Anda tak akan mampu menghindari melankolia yang membanjiri pikiran dan hati. Ed Sheeran adalah seorang romantis lewat gubahannya ini. Kandungan liriknya begitu personal. Membuat saya berpikir ulang tentang arti sesungguhnya pencarian cinta dan seperti apa bentuk cinta yang tak kasat mata. Ya, lagi lagi sebuah perenungan😦

9#  Pull Me Down

(Mikky Ekko feat Ryan Hemsworth)

tumblr_me5vacmggO1r2obdr

Ia adalah pria yang meromantisasi lagu duetnya bersama Rihanna. Pull Me Down justru menawarkan kekuatan karakter dari seorang Mikky Ekko; tipikal suara yang berat dan romantik. Bahkan menjadi megah lantaran Ryan Hemsworth mengutak-atik tembang ini. Alunan instrumental yang sayup-sayup menegaskan unsur etnik. Eksekusi yang syahdu.

8# Ho Hey

(The Lumineers)

live_lumineers_jpg_627x325_crop_upscale_q85

Pelbagai kontemplasi sedang menyalak-nyalak dalam salah satu racikan The Lumineers ini. Bercerita tentang cinta dan sisi personal yang mengandung sebongkah tanya besar. The Lumineers memilih emmbawakannya dengan gegap gempita. Seolah seruan euforia ‘Ho Hey’ membikin problema itu sirna. Saya pun memilih untuk tersungging mendengarnya.

7#  Miriam

(Norah Jones)

norah-jones-miriam

Miriam adalah lagu yang tepat untuk menerawang musikalitas baru yang tengah dieksperimentasikan oleh seorang Jones. Alunan Jazz yang mengalun begitu dingin dan gelap, tak ayal penuh misteri. Mendengarkan Miriam, seolah membawa kita pada sebuah labirin. Berkelok, rumit, riuh teka-teki, namun justru memabukan kala menerka-nerkanya. Ya lagi-lagi tentang cinta.

6#  Cherry Wine

(Nas feat Amy Winehouse)

Listen-Nas-Cherry-Wine-ft-Amy-Winehouse

Sebut saya si pemuja Amy Winehouse. Saat Nas merilis duet terakhirnya dengan Amy membuat ekspektasi saya membuncah. Cherry Wine adalah sumber kehangatan dari sebuah persahabatan dan cinta. Meski, Amy hanya mengalunkan refrainnya berulang kali. Tapi itu cukup meredam kerinduan. Sebuah kolaborasi yang lagi-lagi berkesan. Nas memberikan kado terhebat ini dalam album terhebatnya Life is Good’.

5# Losing You

(Solange)

Style-Solange-Losing-You-Feature

Salah besar membandingkannya dengan Beyonce, sang kakak. Justru Solange berhasil mengimpresikan karakter musiknya yang unik. Losing You melahirkan Solange yang pekat dengan musik retro. Membuat Anda berjingkrak-jingkrak untuk menikmati lantai dansa 70s. Intronya sungguh memabukan, tanpa ragu mengguncang-guncang tubuh Anda.

4# Adorn

(Miguel)

migAdd

Saya menyebut Adorn ialah sebuah keindahan. Kandungan R&B yang riang dibalut dengan sentuhan soul yang melankolia. Menubrukan dua rasa dalam satu racikan. Segala instrumental yang dikerahkan Miguel, bak menciptakan Adorn sebagai sebuah puisi tentang bidadari-bidadari dewata. Ia tak pernah bosan membahas tentang kecantikan dari sudut pandang cinta.

3#  Feels Like We Only Go Backwards

(Tame Impala)

Tame-Impacvcdfla

Sebagai sebuah racikan psychedelic rock, Feels Like We Only Go Backwards melantun lebih puitik dari yang dibayangkan. Mendengarkan ramuan musik Tame Impala ini seolah menjedakan waktu lebih lambat. Mendorong kita ke dalam ruang kosong untuk lebih hanyut pada sebuah kontemplasi diri. Seolah ada yang menekan tombol ‘slow motion’, kemudian menghujani dengan konfeti euforia.

2# Out of Game

(Rufus Wainwright)

rufus_wainwright2_inmavarandela

Kali pertama mendengarkan musikalitas Wainwright, saya jatuh hati dengan senyawa yang dihadirkan oleh tembang ini. Wainwright menyanyikannya tanpa beban; memikat serta mengalun lambat. Impresinya meneduhkan, seolah lagu tema ‘on the road’ untuk sebuah petualangan.

1# Thinking Bout You
(Frank Ocean)

2011FrankOcean02PR070212

Frank Ocean punya jawaban untuk yang bertanya ‘lagu apakah yang paling galau sepanjang 2012?’. Ya, Thinking Bout You adalah racikan yang menyayat. Puncaknya saat taburan falseto seorang Frank berhasil mengundang hujan melankolia yang deras. Kurang galau apalagi, semenjak intro telah disajikan gesekan biola yang menggelitik pedih telinga Anda. Thinking Bout You adalah sebuah puisi cinta yang berhasil berbicara lewat musik bercita rasa soul R&B serta dibarengi kekuatan karakter sang musisi.

3 thoughts on “TOP 10 SONGS OF 2012

  1. waduh2 kayanya ane ‘terlalu’ mainstream nih kaga ada yg tau top 10-nya agan *shame on me*

    top 10 ane kayanya ga jauh2 dari Gotye,We are Young-nya Fun sama Skyfall-nya Adele🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s