Movie Review / The List

TOP 10 ALBUM COVERS OF 2012


Image

#deLupherMusicChoice2012

Rindu serindu-rindunya menulis kembali untuk #delupher. Apa daya, rutinitas serta mood-booster selalu jadi momok tersendiri. Well, setidaknya semangat untuk menyantap karya-karya musik dan film terbaik sepanjang 2012 belum mati. Setidaknya saya tak ingin melewatkan sebuah ritual membuat-daftar-terbaik-akhir-tahun. Meski secara frontal jarang membagikan ulasan dalam blog ini adalah hal memalukan (tau diri :(((  )

Kali ini, masih seperti tahun-tahun sebelumnya, de’lupher akan membagikan end-year-list dalam serangkaian de’Lupher Choice 2012. Departemen musik akan mengambil alih terlebih dahulu lewat “de’Lupher Music Choice 2012”. Rangkuman best-of-the-year ini akan mendata “lagu terbaik”, “album terbaik”, “video musik terbaik”, serta “cover album terbaik”. Sebagai sebuah pemanasan, mari menengok siapa saja musisi yang memiliki artwork cover album terindah sepanjang 2012?!!

Tak kalah dengan tahun sebelumnya, 2012 memiliki sampul-sampul album yang sama artistiknya. Riak aliran ide, liar kreatifitas, kaya estetika dan berkarakter. Namun ada pula yang masih terjebak dalam keliarannya tanpa kendali. Melupakan eksekusi sebuah sampul album yang semestinya mampu menyampaikan estetika, karakter musisi, dan konten musiknya dalam satu kemasan.

Bat for Lashes The Haunted ManNorah_Jones-_little_Broken_Hearts-FrontalSt.-Vincent-David-Byrne-Love-This-Giant

Sekali lagi sebuah selera adalah subjektif. Sebagaiman saya menangkap kengerian dalam sampul album Reign of Terror  dari Sleigh Bells yang tengah bermain dalam misterinya sendiri. Silahkan terka esesnsi bercak darah yang mengotori sepatu tersebut. Lantas, terkaget-kaget dengan eksplorasi seni yang ditawarkan Maroon 5 dalam sampul Overexposed. Tak seperti sampul-sampul album mereka sebelumnya, Overexposed memilih untuk eksentrik.

sleightbellsreg_1024.overexposed.cm.4912Seandainya Annie Erin Clark tidak mempermak aneh wajahnya saat bersanding dengan David Bryne, barangkali sampul Love This Giant akan jatuh membosankan. Seoalah mengalamatkan nilai absurd dari kekuatan David Byrne dan St. Vincent, dimana bagi saya justru menggelikan. Terakhir, Norah Jones juga memiliki artwork menarik tahun ini lewat Little Broken Hearts. Bukan ide original, namun eksekusi yang justru memikat. Terinspirasi dari poster Mudhoney, sebuah film kelas B lawas yang benar-benar memberikan atmosfer vintage serta impresi ‘dingin’ dari musik seorang Jones. Untuk yang tampil berani dengan sisi ketelanjangan dan membingkisnya penuh estetika, maka The Haunted Man dari Bat For Lashes adalah konsep fotografi yang brilian.

Mereka di atas adalah favorit-favorit yang ‘hampir saja’ melengkapi daftar sampul album terbaik 2012 pilihan saya. Lalu siapa saja yang berhasil memiliki kursinya dalam sepuluh terbaik? Berikut mereka….

 

Top 10 Album ArtworkS

 

#10  M.D.N.A (Madonna), Unorthodox Jukebox (Bruno Mars)

madonna-mdna-cover

Beginilah cara menerjemahkan kata seksi, tenar, dan glamour dari seorang ratu pop sepanjang masa

bruno-mars-unorthodox-jukebox-artwork

Untuk sesuatu yang liar dan komikal, Bruno Mars menjawabnya lewat seekor Gorila

#9  Good Kid, M.A.A.D City

(Kendrick Lamar)

Kendrick-Lamar-Good-Kid-Maad-City

Konsep sebuah foto di dalam foto adalah kesederhanaan artistik. Namun ketika tiga pria di dalamnya disamarkan identitasnya, tentu Lamar ingin berbicara lebih dari kata artistik.

#8 The Lumineers

(The Lumineers)

Lumineers-album-cover

Nuansa retro selalu memberi daya pikat lebih dan The Lumineers mampu mengoptimalkannya lebih.

#7  Unapologetic

(Rihanna)

rihanna-unapologetic-1353352298

Rihanna adalah bunga eksotika, ketelanjangannya adalah esensi seni dan imaji. Eksekusi jitu yang benar-benar menonjolkan karakter seorang Rihanna.

#6  Bloom

(Beach House)

beach-house-bloom

Tiada yang lebih absurd dari Beach House tawarkan. Deretan bola-bola itu? polkadotkah? Lampu-lampu kah? Mereka berbaris membentuk pola, sebuah gaya dan kerumitan rasa.

#5  Dunia Batas

(Payung Teduh)

Cover-Album-_Dunia-Batas_in

Sebuah ilustrasi yang riuh mengandung surealis, kontemplasi dan puitisasi. Mereka membaringkan keteduhan pada warna sayu dan goresan sederhana bernama pohon.

4#  Sun

(Cat Power)

Cat-PowerSun

Seolah membaca rumusan spektrum yang indah dalam efek potretnya. Lantas imajinasi saya mengawang, potret  Charlyn Marie Marshall itu bak karakter ikonik Joan dalam film The Passion of Joan of Arc.

3#  Lonerism

(Tame Impala)

lonerism

Fotonya tengah sibuk berbicara dan meluncurkan beragam kesatiran. Sementara elemen estetika harus digali oleh penikmatnya lebih dalam. Sebuah kontemplasi pada akhirnya.

2# The Idler Wheel Is Wiser Than The Driver Of The Screw & Whipping Cords Will Serve You More Than Ropes Will Ever Do

(Fiona Apple)

Fiona-Apple-The-Idler-Wheel

Puncak dari kreatifitas dan absurditas yang melekatkan karakter Fiona dengan seni eksentrik. Tapi ia memang mengerti dalam memaknai seni dan seleranya itu.

1#  Port of Morrow

(The Shins)

Print

Sebuah ilustrasi yang dingin dan menimbun beragam misteri. Dengan goresan berkarakter serta warna pucat era tua yang mengaliri keindahan ‘dingin’ itu sendiri. Menafsirkan sebuah animasi yang ‘gelap’ ini sungguh sebuah petualangan imaji memabukan. Port of Morrow benar-benar tahu mengolah misterinya sendiri.

2 thoughts on “TOP 10 ALBUM COVERS OF 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s