The List

TOP 10 MOVIE POSTERS OF 2011


Inilah postingan pertama di akhir tahun untuk edisi #deLupher’s Movie Choice 2011. Sebelum mencapai postingan paling prestisius untuk edisi ini yakni Top 10 Films of 2011, maka saya ingin mengajak anda terlebih dahulu untuk menikmati poster-poster film terbaik dan terfavorit bagi saya di tahun 2011. Mereka kebanyakan merupakan teaser poster yang mengandalkan nilai estetika, keunikan dan inovasi ketimbang komersial semata. Dan mereka terangkum dalam Top 10 Movie Posters of 2011 seperti dibawah ini:

[HONOURABLE MENTIONS]

  • Sebut saja dua teaser poster yang murni dengan konsep ilustrasi animasi yakni ANOTHER HAPPY DAY dan THE ODDS begitu sempa membuat saya pesona. Begitu kelam rasanya jika anda hendak memajangnya sebagai wallpaper di desktop anda. ANOTHER HAPPY DAY benar-benar bukan sebuah kesenangan melihat ilustrasi seorang pria yang jatuh tenggelam bersama pelampung dipingganya, tragis! Sementara THE ODDS berjiwa serupa yakni sebuah keputusasaan dibalik animasi seorang pria yang menggantung lehernya dengan tali.

  • Sementara itu cukup melegakan ketika menikmati teaser poster milik WEEKEND. Ada titik ketenangan yang romantik dibalik punggung kedua karakter utama dalam film tersebut yang tengah membelakangi kita. Sambil terlihat semburan merah muda yang begitu kalem menutupi nuansa mereka, aduhainya. Kenikmatan ini pun makin berlanjut saat menyimak background poster MIDNIGHT IN PARIS milik Woody Allen itu disapu sedikit nuansa lukisan yang hangat. Kegembiraan ini belum berakhir saat mendapati poster film CARNAGE-nya Polanski justru rimbun dengan warna-warni ekspresi karakter utamanya yang kocak. THE RUM DIARY juga sangat unik dengan sederetan botol minuman alkohol dari berbagai jenis merk itu ammpu membentuk judul film dengan meninggalkan kesan yang woooww!
  • Kembali melangkah ke poster beratmosfer muram yang salah satunya saya jatuhkan pada THE GIRL WITH THE DRAGON TATTOO versi Fincher, dimana nyatanya masih memakai ide yang sangat akrab pada penglihatan kita. Namun tetap saja mengundang rasa penasaran yang luar biasa akan sebuah remake ini. WE NEED TO TALK ABOUT KEVIN pun hanya menggumbar kemuraman lewat editing foto yang sudah familiar. Begitu pula yang terjadi dengan poster pengenalan para karakter TINKER TAYLOR SOLDIER SPY.
  • Malah yang sempat dengan kuat mengetuk hati saya untuk memasukannya kedalam 10 poster terbaik 2011 adalah THE EXPANDABLES 2 dan STRAW DOGS yang menggunakan teknik editing paling mutakhir. Tengok saja THE EXPANDABLES 2 yang menampilkan sosok Sylvester Stallone dibalik dinding yang setengah hancur itu dengan menanggalkan angka kapital 2 besar-besar. Beda lagi dengan STRAW DOGS yang mengadopsi konsep dengan film terdahulunya. Namun justru poster STRAW DOGS versi kini jauh lebih terkesan meyakinkan dan hidup. Tolong jangan lupakan dua kekelaman teaser poster milik THE DARK KNIGHT RISES yang benar-benar ‘hitam’ dan mengusik rasa penasaran.

“TOP 10 MOVIE POSTERS OF 2011”

10# WE BOUGHT A ZOO

Film ini tengah menjangkau keluarga, sebuah drama yang bersentuhan dengan anak-anak. Maka pantaslah kuda zebara yang lucu ini dikalungkan pita. Oh ini akan menjadi sebuah hadiah ternyata. Eh, ada yang menarik lagi pada teaser poster keduanya bahwa dedaunan pada pohon dibuatnya dari jejak-jejak kaki dari berbagai jenis hewan.

9# DRIVE

Diantara poster-poster Drive dengan karakter Ryan Gosling yang bertebaran, justru teaser poster-nya yang pernah dirilis khusus Festival Film Cannes inilah yang paling saya kagumi. Dia (Ryan) nampak sedang memerkan gambar kalajengking di balik punggung jaketnya yang macho itu. Nah dibalik pantulan cermin yang samar-samar, kita tengah melihatnya dalam sebuah kontemplasi tak jelas.

#8  IN THE LAND OF BLOOD AND HONEY

Tentang apakah film terbaru besutan debut Angelina Jolie ini? Entah, teaser posternya yang begitu editan ilustrasi computer ini hanya mengumbar bercak darah yang berceceran dengan indahnya. Dimana, bercak darah tersebut samar-samar membentuk karakter sepasang kekasih.

#7 MECHANIC

Film ini memang mengumbar baku hantam dan pelbagai kemagisan aksi tembak menembak. Maka ilustrasi teaser posternya pun mengambil ikon pistol. Tak sesederhana itu, sang illustrator menciptakan gambar pistol raksasa dari tumpukan gambar-gambar mini yang merupakan berbagai jenis senjata api.

6# THE DEVILS DOUBLE

Sebut saja ini merupakan satu-satunya poster film paling ‘cool’ dan bergaya. Elegan karena hanya didominasi warna emas yang sekaligus melumuri sosok karakter utamanya disitu. Bahkan Dominic Cooper disana sangat keren dengan dua senapan ditangannya serta tubuh dengan pancaran nuansa emas yang mengkilap.

5# MARTHA MARCY MAY MARLENE

Dua poster teaser dengan penggunaan wajah karakter dalam MMMM ini dihiasi efek yang serupa, dimana wajah karakternya ditindih dengan simbol. Pada wajah Ethan Hawke ditindih sebuah barcode sementara wajah Elizabeth Olsen dengan lambing capital huruf M. Dengan begitu melekatkan sisi ‘thriller’ secara diam-diam.

4# YOUNG ADULT

Ah, begitukah di benak kita bahwa dunia remaja selalu identik dengan novel ciklit? Film arahan Jason Reitman ini mengambil sisi tersebut kedalam teaser posternya, disisi lain memang diceritakan karakter utama adalah penulis ‘teenlit’. Menggemaskan saja!

3# SHAME

Siapa sangka poster teaser SHAME  ini tampil menggoda, seksi dan penuh daya misteri. Hanya menampilkan pusar seorang Fasbander yang dibalut selimut berwarna biru, and is it about sex? We’ll see then

2# THE IRON LADY

Menyukai sebagaimana teknik editing design ini telah menambahkan secuil efek gambar The Houses of Parliament yang terkenal dengan jam Big Ben-nya itu di wajah Meryl Streep. Terlihat elegan dan menggambarkan intrik di film tersebut.

1# IDES OF MARCH

Ide yang berkesan natural namun memiliki detil yang fantastis. Bagaimana mungkin separuh wajah George Clooney pada sampul Majalah Times yang dilipat setengah tersebut terlihat cocok dan bersinergi dengan separuh wajah Ryan Gosling yang asli. Sungguh editan foto dan ide yang brilian tahun ini.

One thought on “TOP 10 MOVIE POSTERS OF 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s