Movie Review

Top 10 Album or Single Covers of 2011


#deLupher’s Music Choice 2011

Ada kenikmatan sendiri ketika menyimak pelbagai kreatifitas illustrator dan designer dalam menciptakan sebuah artwork cover untuk album ataupun single para musisi. Mereka tak lagi hanya  menampilkan rupa sang musisi secara eksklusif di sampul depan CD. Beberapa dari mereka mampu menghasilkan cover yang unik dengan nilai absurditas tersendiri ditambah nilai artistik yang eksentrik. Seperti halnya “Don’t Judge a Book By Its Cover”, maka kita sering terkecoh sebetapa bagusnya sebuah album tak selalu memiliki materi sampul yang sebanding dengan kualitas rekamannya. Bahkan pada album buruk sekalipun, masih dapat kita temukan sampul artwork-nya yang memikat. 2011 memang tak seliar 2010 dalam menghasilkan cover-cover album yang brilian, terlihat kelesuan disana-sini. Musisi mainstream lagi-lagi lebih cenderung memampang wajah tenar sang musisi, dengan sedikit make-up, kostum wah dan editan Photoshop, duarrrr! Sementara musisi indie masih terlihat kegetolannya dalam bereksprimen dengan nuansa surealis bak memampang lukisan dari sebuah galeri atau pu beberapanya bermain dengan grafis yang sederhana.

*Yang Terburuk

Tentu yang paling membuat saya syok, ketika seorang Lady Gaga merilis artwork sampul album ketiganya yang bertajuk Born This Way. Saya memahami Gaga sedang memberikan kesan homage poster film kelas B 80an. Namun melihatnya dengan kepala manusia dan badan motor gede adalah sesuatu yang mengerikan. Atau yang paling ‘mual’ ketika mendapati cover single Huzzah! dari Mr. Muthafuckin’ eXquire. Ada pun cover album Those Darlins dari Screws Get Loose, dimana bukan sebuah lelucon memasukkan jari telunjukmu kedalam lubang hidung seorang wanita. Yakss!!!

*Honourable Mentions

Menariknya lima artwork sampul album yang masuk dalam Honourable Mentions saya ini semuanya memiliki konsep ‘memampang-wajah-keren-musisinya’. Adele yang benar-benar terlihat muram dalam sampul album 21. Sebuah jepretan yang minimalis bahkan Adele masih terlihat cantik meski dengan mata terpejam. James Blake malah menampilkan sosoknya dengan kesan misterius –artworknya menangkap transisi pergerakan wajahnya yang cepat sehingga terlihat buram, barangkali memang begini meyakinkan penggemarnya bahwa album self-titled nya itu memang electro-jazz yang haunting. Ada pula Mayer Hawthorne dengan sampul depan CD How Do You Do -nya yang funky dan simpel. Designernya hanya mengotak atik kacamata yang menjadi imej khas Mayer dengan sedikit kesan cinta dan patah hati didalamnya. Oh dan saya selalu terkesima melihat Ceremonials milik Florence + The Machine yang menampilkan wajah klasik Florence dengan pantulan tiga bayangan dirinya yang sangat ‘sesuatu’. Terakhir Beyonce memberikan kesan cover majalah VOGUE kedalam cover album 4 miliknya; sangat bergaya, elegan, dan fashionable. Sudah cukup dengan honourable mentions, dibawah inilah sampul terbaik dan terfavorit saya sepanjang 2011, mereka adalah:

10# 50 Words For Snow – Kate Bush

 

Sebuah pahatan sederhana diatas tumpukan salju. Menarik gambar manusia salju mencium seorang gadis, what a lovely December!

9# July – Youth Lagoon

Bak jepretan polaroid, elemen hitam putih yang kasar begitu haunting terasa. Dan dua bayangan kembar seorang anak laki-laki ini justru mengundang misteri tersendiri.

8# Midnight City – M83

Monster apa ini? Saya menyebutnya menggemaskan dengan efek warna yang kelam seperti itu.

7# Strange Mercy – St. Vincent

Absurd, apakah itu penampakan mulut dari cairan putih? Ah, nampaknya itu seperti adonan tepung terigu, eh?

6# Cults – Cults

Dua tokoh dalam sampul cults ini memiliki rambut yang bagus. Mereka nampaknya tau persis bagaimana beraksi di iklan shampoo.

5# David Comes to Life – Fucked Up

Oh tidak, dua bolham ini sedang bercinta dan hampir membentuk miniatur cinta.

4# Mission Bell – Amos Lee

Sekilas sangat kental dengan unsur-unsur khas poster film koboi. Warna cokelat muda yang kusam dengan gambar burung gagak yang gagah. Amos Lee terdengar sangat country disini.

3# Video Games – Lana Del Ray

Lana Del Ray memiliki aset yang unik, tentunya selain suaranya ialah wajah klasik wanita blonde ala amerika. Imej retro 80s pun berhasil diciptakan cover single ini dan mahkota bunga yang dipakai Lana tersebut sangat otentik klasik.

2# Metals – Feist

Melihat sebuah batang pohon berbentuk F untuk mengawali huruf depan nama penyanyi Feist ini terbilang unik dan aneh. Meski saya sadari sulit menemukan batang pohon seperti itu. Oh taka pa ini hanya editan computer yang hebat. Ide yang segar.

1# Wasting Light – Foo Fighter

Benar-benar mengandalkan kelihaian grafis dan isnting pewarnaan yang brilian. Menumpuk wajah-wajah personel Foo Fighters kemudian menumpahkan tiga warna kuat didalamnya justru memberikan kesan artistik yang eksentrik. Artwork yang manis dan memabukan.

One thought on “Top 10 Album or Single Covers of 2011

  1. ‘Talk That Talk’ juga gak bagus, jelek sih kalo menurut saya.
    ‘All Things Bright And Beautiful’ serasa sebuah refleksi perjalanan dengan harapan cerah yang hijau nan damai…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s