Movie Review

Review “Mother” (2009)


Terenyuh lewat tarian sang bunda ..


Film Mother Directed by Bong Joon-ho. Cast Kim Hye-ja, Won Bin, Jin Goo. Distributed by CJ Entertainment. Running time 128 minutes. Country South Korea

(A)

Dengan iringan melankolis dari instrumen gitar, Bong Joon-ho mempersembahkan sebuah opening scence yang sarat absurditas. Rasa penasaran, kagum sekaligus mengerutkan kening saat mendapati seorang wanita tua yang tengah menari-nari sendirian di sebuah padang rumput ilalang. Raut mukanya tenggelam tanpa secarik ekspresi ditambah tatapan mata yang kosong, seolah melengkapi kesunyian padang dan desiran dingin angina yang menyapu ilalang. Sajian visualisasi nan penuh absurditas di atas kemudian membawa kepada pertanyaan ‘Ada apa dengan wanita tersebut?’. Apakah dia tidak waras? Atau hanya sekedar menikmati kesunyian yang ditawarkan oleh panorama padang ilalang?

Pertanyaan-pertanyaan itu pun akhirnya terjawab di akhir cerita “Mother” yang tak disangka juga didaulat untuk  adegan penutupnya. Bong Joon-ho seakan merangkai studi kasus pada setiap plot serta karakter utama yang ia ciptakan. Mother adalah Hye-ja (Kim Hye-ja) karakterisasi wanita independent, hidup ala kadarnya dikarenakan mata pencaharian hanyalah seorang petani ginseng dengan kerjaan sampingan sebagai akupuntur. Berjuang hidup seperti itu tak hanya demi dirinya melainkan untuk putra semata wayangnya Do-joon (Won Bin). Sayangnya Do-joon bukanlah anak yang sempurna tercatat ia termasuk pria terbelakang, lemah secara mental dan emosional. Maka tibalah sesuatu yang kelam menimpanya. Dituduh sebagai pembunuh terhadap seorang remaja siswi. Mengejutkan. Sang bunda pun tak langsung percaya begitu saja meski polisi dan keluarga korban tetap menyudutkan Do-joon.

Bong Joon-ho pun lantas mengirimkan kita untuk menelusuri bersama bagaimana kegigihan seorang  Hye-ja untuk mendapatkan secercah keadilan demi putranya. Penonton pun dibawa kepada sebuah pemikiran, mana mungkin seorang laki-laki idiot yang mematikan semut saja enggan, mampu melakoni sifat pembunuh tanpa alas an yang jelas. Pemikiran seperti itulah yang menjangkiti diri Hye-ja. Bersama Hye-ja lah, alur cerita ini bergerak bak detektif dengan bumbu thriller sederhana. Segala clue , berbagai alibi tersebar di sudut-sudut cerita. Bagaimana pun jua Nampak dengan mudah mengecoh, hingga akhirnya kita dibanting oleh kenyataan yang mencengangkan. Meski Bong Joon-ho menanamkan drama ini dengan semangat thriller, namun kerap terdapat bumbu-bumbu humor yang menyelip dalam dialog serta keluguan karakter Hye-je dan Do-joon.

Bisa dibilang Won Bin sukses mengantarkan karakternya yang bermental terbelakang. Banyak porsi adegan yang memaparkan kepolosan serta ketidaktahuannya. Menjadi sebuah studi psikologis yang unik saat menyimak dan menerka sisi emosional serta perasaan yang enggan dialamatkannya. Tak seperti karakter Hye-ja yang sudah jelas menyampaikan “kesungguhan cinta ibu untuk anaknya”. Kedua sisi psikologis kedua karakter utama inilah yang mewarnai kesuluruhan cerita.

Bong Joon-ho begitu pandai menangkap ekspresi-ekspresi kosong, duka, dan suka di balik tingkah laku kedua karakter tersebut. Visualisasinya pun cantik. Tereksplor indah tata sinematografi, kerap mengkombinasikan kondisi pinggiran kota, masyarakat urban dan kemasyuran alam. Naskah yang ditulisnya bersama Park Eun-kyo pun dieksekusi secara pas, meski dalam menampilakan endingnya cukup panjang. Namun tetap tak kehilangan ruh melankolis. Apalagi penataan musik oleh Lee Byung-woo yang cenderung minor mampu merasuki tema.

Yang bertindak kemudian hanyalah atmosfer cerita dan karakter yang mengutus diri mereka kepada tatanan sensitivitas dan emosional. Sekali lagi studi psikologis karakter yang menarik. Terlebih mengeksekusi ending dengan twist sederhana, mari kita nikmati kembali adegan penutupnya yang dapat dibilang absurd nan puitis itu.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s