Awards

#deLupher’s Movie Choice (Part.1): Top 10 Movie Posters of 2010


Selamat Tahun Baru 2011 kawan-kawan pecinta sinema, mari menulis prolog baru dengan segala bumbu resolusi terbaru anda, kemudian kombinasikan dengan pancaran harapan dan hasrat anda yang kuat. Semoga tahun 2011 memberikan banyak hari-hari mendatang nan cemerlang untuk memudahkan dalam meraih tujuan yang diinginkan, Amin! Dan harapan terdalam saya, semoga di tahun baru ini masih sediakan banyak waktu luang untuk menonton film-film berkualitas dan rajin mereviewnya di de Lupher. Eniwe, sebenarnya niat awal saya adalah membuat list film terbaik di tahun 2010, namun karena ada beberapa kendala (sok sibuk*) yang bakal memolorkan waktu postingannya hingga pertengahan januari mendatang. Saya pun memutuskan untuk mengeluarkan beberapa ‘list top of the top ‘ yang masih meninjau beberapa aspek terbaik dalam dunia perfilman terutama kali ini untuk Film Berbahasa Asing (saja). Setidaknya beberapa list ini yang *sok-kayak-kategori-ajang-penghargaan* bisa mengobati rasa penasaran anda dalam menanti list top 10 films of 2010 yang belum saya keluarkan (ceileee belagak penting gitu). Untuk postingan bagian pertama de Lupher’s Movie Choice ingin menampilkan 10 poster film terbaik sepanjang tahun 2010 kemarin. Tanpa banyak bacot saya mulai dari bagian ‘Honourable Mentions’ saja ya!

 

Honourable Mentions:


Poster ‘Enter The Void’ tampil dengan dominasi warna magenta nan futuristik ala lampu neon diskotik, dimana benar-benar mampu merepresentasikan warna-warna sinematografi –gaya artistic yang dipakai oleh Gaspar Noe untuk filmnya ini. Sementara poster Carlos dan The American hampir saja terlihat sama karena menampilkan sosok aktor utamanya yang dalam keadaan ‘melangkah’, namun Carlos tampil lebih retro ala film action 60’an. Sedangkan The American masih dibumbui editan gambar, bagi saya warna kuning dengan bayangan sketsa seorang wanita di belakang sosok George Clooney –dalam posisi berlari memegang pistol- itu terlihat sangat seksi dan elegan. Coba anda bandingkan poster I am Love dengan I’m Still Here. Ya keduanya sama-sama menggunakan judul filmnya (dengan size besar) menutupi sedikit gambar atau wajah para pemainnya; tentunya jenis font dan pembawaan gambarnya sangat berbeda. I am Love tampil layaknya foto keluarga, sementara I’m Still Here berupa foto close up nya Joaquin Phoenix yang setengah badan. Next, saya punya Everyone’s Else disini yang menampilkan punggung kedua pemain utamanya, namun sangat berkelas dengan efek pewarnaannya serta sangat sarat keintiman dan roman. Catfish apalagi, muncul dengan kunikannya yang berupa gambar seekor ikan dengan kursor mouse yang mengarah padanya. Poster The Runaways yang dibintangi Dakota Fanning dan Kristen Steward pun tak kalah menarik dengan gambar buah cheri merah yang dibuat menyerupai bom yang siap meledak, because it’s rock movie guys! Yang paling sedehana malah pada kedua poster ini yaitu Another Year dan Uncle Boomee Who Recall His Past Lives yang hanya berupa gambar animasi. Another Year hanya menampilkan gambar sebuah pohon yang sedikit daunnya (apa maksdunya musim gugur?), sementara Uncle Boomee Who Recall His Past Lives tampil begitu ‘art’ nan dingin lewat karikaturnya yang sederhana. Kedua poster ini memang sangat bercita rasa festival. Terakhir yang membuat saya terpikat pada poster Fish Tank dengan sudut pandang gambarnya yang sangat unik, bak penoton dibawa mengintip sang aktris dari balik jendela yang sedang melompat-lompat di atas kasurnya.

 

 

Top 10 List of Movie Posters 2010


10#   RABBIT HOLE


Susah menolak poster filmnya Nicole Kidman ini. Dengan ‘editan’ beberapa gambar (tokoh dan setting yang sama) yang dipotong namun dipadukan kembali dengan hasil yang memperlihatkan bahwa ada sekuen pergerakan para tokohnya. Seolah si Nicole Kidman dan Aaron Eckhart yang awalnya bermesraan, bersuka cita, namun tiba-tiba keduanya diselimuti kesedihan dalam waktu bersamaan.

 

9#   THE NEXT THREE DAYS


Awalnya menjadi biasa-biasa saja kalau yang dipampang cuma tampang nya Russel Crowe, bahkan kedua posternya tetap hanya berfokuskan si Russel Crowe, tapi yang membuat saya tertarik adalah teknik pengeditannya. Sang kreator poster menyatukan foto Russel dengan gambar sebuah adegan dalam film ini atau yang satunya lagi hanya sekedar member efek warna nyala api, alhasil keduanya tetap elegan dan misterius.

 

8#   LIFE DURING WAR TIME


Berupa gambar animasi sederhana yang tidak buruk juga, cuma mungkin memang sengaja tidak memperhatikan sebuah kesempurnaan. Gambarnya sangat polos, bak yang menggambarnya adalah seorang anak kecil. Jelas sang kreator poster memunculkan ciri ‘old-fashioned’ dalam gambar seorang anak laki-laki yang menggenggam bunga ditangannya. Mungkin bagi yang melihatnya biasa-biasa saja, tapi bagi saya sangat unik karena berani tampil ‘jelek’.

 

7#   FOR COLORED GIRL


Meski filmnya tak terlalu muncul dipermukaan padahal berjejer cast cemerlang, tapi teaser posternya sangat berkelas. Hanya memunculkan sedikit sketsa wajah seorang wanita bekulit hitam (dari mata sampai hidungnya), kemudian diberi ornament tumpukan cat air beberapa warna yang melumer, seolah sang wanita menangis. Brillian!

 

6#   INCEPTION


Mungkin sudah banyak kritikus yang membandingkan beberapa poster inception dengan poster the dark knight, mungkin karena berasal dari sutradara yang sama jadi konsep yang dikeluarkan pun hampir sama, tengok poster joker yang sedang membelakangi dengan Leonardo Di Caprio yang juga berpose sama dengan setting gedung-gedung pencakar langit yang hampir sama. Tapi bagi saya yang menarik justru pada poster yang khusus hanyq menampilkan masing-masing cast

, dimana semua posternya sangat peduli dengat teknik editing photoshop, tengok poster milik Tom Hardy diatas.

 

5#   BURIED


Salah satu film favorit saya di tahun 2010 yang mampu memacu adrenalin akan horornya sebuah suasana klaustropobiatik dalam peti mati. Posternya sangat festival (banget)  -simple, misterius, dan artistik-

 

4#   HEARTBEATS


Film yang sedang dipertimbangkan untuk masuk top 10 list saya ini tampil sangat minimalis dari poster yang lainnya. Beberapa posternya hanya menampilkan sketsa wajah pemain utamanya yang ditutupi satu warna tua, misalnya poster aktor  Xavier Dolan dan Niels Schneider.

 

3#  The Social Network


Sedikit berbeda dengan I am Love dan I’m Still Here, TSN malah menampilkan wajah Jesse Essenberg yang ditutupi tagline filmnya sendiri terkesan TSN memang lebih ingin menonjolkan tagline yang sangat ciamik itu. Lucunya judul filmnya sendiri ukurannya sangat kecil yang didesain layaknya search web nan berciri khas kental Facebook –identik warna biru fb.

 

2#   BLUE VALENTINE

Poster filmnya benar-benar merepresentasikan sebuah nilai intim romantika dua sejoli. Sebuah potret yang menampilkan Ryan Gosling berciuman mesra dengan Michelle Williams disini terlihat kesan liar dan semangat cinta, sementara itu ditubruk oleh pewarnaan biru ‘donker’ membuat Blue Valentine terkesan film cinta yang rumit. Masih ada satu poster kesukaan saya lagi yang dibingkis dengan warna merah muda, sangat lovely!

 

1*  BLACK SWAN

Inilah poster film favorit saya di tahun 2010 yang sekaligus tanpa ragu bakal memasukkan film arahan Darren Aranofsky ini dalam top 10 list of the year saya. Desain posternya sangat unik baik yang menampilkan potret Natalie Portman dengan riasan Black Swan nya nan terkesan rapuh dan misterius, juga saya sangat suka dengan poster animasinya yang sangat berkesan GELAP. Berikut dua poster favorit saya untuk Black Swan…

 

One thought on “#deLupher’s Movie Choice (Part.1): Top 10 Movie Posters of 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s