Awards

53rd Grammy Nominations: Dan “Recovery” pun Mendominasi


Malam pembacaan nominasi 53rd Grammy Awards berlangsung di Los Angeles (2/12) lalu yang disiarkan langsung dari studio TV CBS. Dimeriahkan oleh aksi akustik Bruno Mars, Justin Bieber, hingga peforma ciamik Katy Perry. Lagi-lagi kita tak pernah bisa menebak secara pasti siapa yang bakal mendapatkan kursi nominasi sebagai artis rekaman terbaik sedekade ini. Grammy memiliki cara penilaian yang khas dan saya sendiri pun kurang paham bagaimana sebenarnya sistematika penilaian para dewan jurinya. Meski seorang artis memiliki popularitas yang tinggi secara komersial pun albumnya terjual berkopi-kopi ternyata belum tentu juga bisa dinominasikan dalam ajang prestisus insan musik dunia itu. Malahan banyak musisi yang kurang populer baik di telinga kita maupun dari segi penjualan albumnya tak disangka bisa mendapatkan nominasi Grammy. Dua poin yang dapat kita cermati bahwa Grammy menyeleksi para nominatornya berdasarkan kualitas karya rekaman dan talenta musisi itu sendiri.

Jika tahun lalu nominasi Grammy didominasi oleh para artis populer pencetak hits (tumben), beda dengan 53rd Grammy kali ini pemilihan para nominatornya benar-benar bervariasi dan sama rata. Baik artis pencetak hits maupun artis yang ‘langka’ bagi kuping anda hadir dalam list nominator tahun penyelenggaraan ke-53 tersebut –saya acungkan dua jempol. Eminem berhasil merajai 10 nominasi lewat album tersuksesnya tahun ini –Recovery ,disusul oleh si pendatang baru Bruno Mars sebanyak 7 nominasi, dan trio country Lady Antebellum dengan 6 nominasi. Dapat disimpulkan daftar nominator Grammy tahun ini didominasi oleh penyanyi RnB; salah satunya di kategori Record of The Year ada Eminem ft Rihanna (Love The Way You Lie), B.o.B ft Bruno Mars (Nothin’ On You), Cee Lo Green (Fuck You!), Jay Z ft Alicia keys (Empire State Of Mind), sementara pengecualian untuk Lady Antebellum (Need You Now).Persaingan ketat saya rasa bakal terjadi di kategori Best Pop Female Vocal Performance, dimana Lady Gaga, Katy Perry, Sarah Bareilles, Beyonce dan Norah Jones beradu ‘kualitas vokal’. Uniknya, tak habis pikir kenapa Beyonce bisa mendapatkan nominasi dengan single Halo yang pernah setahun lalu juga dipakai di kategori yang serupa pula (bedanya kali ini dengan format Live). Selain itu sangat mengejutkan menemukan nama Norah Jones dengan embel-embel single Chasing Pirates –padahal itu album setahun yang lalu; ini mengindikasikan Norah bisa dijadikan kuda hitam untuk memenangkan Grammy, karena bisa dibilang dia merupakan Lady Grammy. Sangat disesali malah Sarah Bareilles yang hanya mendapatkan nominasi dikategori ini saja padahal album Kaleidoscope of Heart benar-benar terpuji. Si penyanyi eksentrik Lady Gaga malah harus gigit jari karena tidak bisa meraup banyak nominasi Grammy untuk tahun ini. Namun  semestinya dia tidak perlu cemas karena The Fame Monster berhasil masuk kategori prestisius seperti Album of The Year, Best Pop Vocal Album, Best Dance Recording (single Dance In The Dark), dan Best Pop Collaboration With Vocal (Telephone). Dugaan saya malah sangat tepat untuk nominasi Katy Perry dengan album Teenage Dream yang beberapanya malah masuk kategori serupa dengan Lady Gaga –duel maut ini mah!.

Dengan keadaan Eminem yang memiliki 10 nominasi bisa ditebak beliau akan (pasti) memenangkan beberapa Grammy, khususnya untuk kategori Rap atau bahkan di kategori prestisius seperti Record of The Year atau Album Of The Year. Salut untuk Bruno Mars sebagai pendatang baru dengan vokal ‘emas’ dan lagu-lagu ngehitsnya Just The Way You Are dan Nothin’ On You berhasil mendaulatnya dengan 7 nominasi bahkan langsung di kategori Best Pop Male Vocal Performance; namun anehnya tidak dimasukkan dalam kategori Best New Artist. Bersenanglah bagi Biebers mania, karena si bocah remaja penyanyi Baby tersebut berhasil masuk di kategori Best New Artist dan Best Pop Vocal Album –lalu kemana temannya’ si Ke$ha itu? Di kategori Best New Artist memang yang popular hanya Justin Bieber, tapi jangan remehkan kualitas Florence & The Machine. Prestasi signifikan terlihat pada Michael Buble yang biasanya selalu berkutat di kategori Best Traditional Pop Vocal Album di tahun-tahun sebelumnya, kini berhasil masuk dalam jajaran Best Pop Male Vocal Performance.

Grammy tidak pernah melupakan musisi ‘kesayangannya’ –begitu saya ingin menyebutnya John Mayer yang berhasil (lagi-lagi) dinominasikan lewat album Battle Studies. Lagi-lagi mendapatkan dua kategori penyanyi pria terbaik dengan dua genre berbeda; di bidang pop untuk single-nya Half of My Heart dan bidang rock untuk Crossroads. Siapa lagi yang ingin saya sebut ‘musisi kesayangan’ Grammy? ada almarhum Michael Jackson untuk Best Pop Male Vocal Performance (single This Is It), Leann Rimes dan Carrie Underwood kembali berlomba di kategori Country khususnya penyanyi wanita terbaik, hingga Fantasia dan John Legend pun masih mendapatkan nominasi mereka di bidang RnB. Lady Antebellum yang menjual album mereka Need You Now berkopi-kopi akhirnya tutur menjadi list favorit Grammy tahun ini; padahal tahun lalu trio country ini sempat dinominasikan dengan lagu Need You Now pula. Kemungkinan Need You Now akan berjaya di kategori bidang country dan akan sedikit blepotan melawan musisi-musisi RnB dan pop di kategori prestisius seperti Record of The Year, Album of The Year, atau pun Song of The Year. Sementara itu bicara tentang musisi ‘yang-kurang-populer’ seperti Cee-Lo Green ataupun Arcade Fire ternyata memiliki musikalitas yang luar biasa; Cee Lo Green dengan music retro-blues-RnB nya dan Arcade Fire lewat album The Suburbs yang sangat easy listening benar-benar menyimpan ‘kekuatan kuda hitam’ untuk bersaing di kategori utama yang serupa dengan Eminem. Siapa yang menang? akan terjawab pada 13 Februari 2011 mendatang? And the Grammy goes to……

 

 

 

Full list of nominees, click  Nominees/Grammy

2 thoughts on “53rd Grammy Nominations: Dan “Recovery” pun Mendominasi

  1. gue juga heran dengan kriteria penilaian untuk grammy. kalau dari talenta dan kualitas rekaman atopun popoularitas.. kayaknya janggal juga.. contohnya.. christina aguilera dg you lost me-nya. lagu Oke. Rekaman bagus. Album lumayan laku. teknik nyanyi gak di ragukan lagi. tapi kenapa gak masuk nominasi satupun.. Huaaaaaaaaaaaaaaaa..

    • ya sama aku pun menjagokan dia tahun ini dengan single itu meski album bionic floop dan banyak kritikan pedas, tapi firasatku xtina akan mendapatkan nominasinya ditahun depan melalui ost.burlesque ..begitulah kebiasaan grammy, padahal xtina kan lady grammy alias anak kesayangannya juri grammy hahahhaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s