Movie Review

Mini ‘Album Reviews’ : “Swift, Mimi, Perry, and Eminem”


Taylor Swift / ” Speak Now”

(***1/2)

 

Meledaknya Fearless yang berujung kemenangan 6 grammy, memacu Taylor Swift menelurkan karya-karya terbarunya di tahun 2010. Tak sekedar menunjukkan eksistensi, album yang bertajuk Speak Now ini benar-benar mengukuhkan posisinya sebagai salah satu penyanyi wanita terbaik sepanjang dekade ini. Speak Now laris manis di pasaran, lagi-lagi pangsa pasarnya adalah kawula muda. Lirik manis yang tak jauh-jauh dari dunia remaja, cinta, patah hati, dan persahabatan dibawakan dengan genre country yang ringan bahkan hampir cenderung ngepop. Single pertamanya yang bertajuk Mine mungkin tidak bisa langsung ngejiplak di kuping, butuh sedikit waktu untuk mencerna esensi senandungnya yang bertempo cepat ini. Namun lagi-lagi Taylor pintar merayu kuping kita untuk jatuh kepelukan single ini. Speak Now juga termasuk salah satu terfavorit di album ini dengan mengandalkan lirik yang lucu (agak blepotan). Album ini berlimpah lagu-lagu melakolis misalnya track Innocent, dear john, Back to December, Enchanted atau pun Never Grow up. Kejutannya hampir semua lagu dalam album ini ditulis sendiri oleh Taylor, so check this out!

 

 

Katy Perry / ” Teenage Dream”

(****)

 

Dia yang dulu tidak sengaja mencium seorang gadis dalam liriknya langsung membikin hits terlaris, dialah Katy Perry. Dengan suara khasnya, Katy membuktikan dirinya mampu menaklukkan kembali chart-chart musik bergengsi di dunia sekaligus Billboard. Lagu-lagu pop olahannya di album Teenage Dream tak terbantahkan sangat catchy di kuping kita, benar-benar menarik kita dalam gejolak muda. Single pertamanya California Gurlz langsung mendapatkan atensi yang meriah di mata pecinta musik. Sementara single keduanya Teenage Dream menjadi yang terbaik dalam album ini, bahkan sangat menonjolkan kualitas vokal seorang Mrs. Perry. Track-track seperti Last Friday Night terdengar sangat retro lengkap dengan suara saxophone, belum lagi Firework yang menjaga kekuatan vokal Katy, sementara judul dan lirik aneh sejenis Peacock juga sulit untuk ditolak. Album ini sangat minim lagu ballad bertempo lambat seperti halnya di album One of Those Boys yang memiliki Thinking of You, di album ini hanya memiliki Not Like The Movies. Overall, album ini merupakan salah satu album pop terbaik tahun ini.

 

 

Eminem/  “Recovery”

(****)

 

Tak ada yan mampu menyaingi pesona seorang Eminem, terlebih lagi album-albumnya yang selalu memiliki magnet tersendiri. Seperti halnya Recovery ini mampu menampilkan lagu-lagu rap yang bakal langsung ‘nancep’ dikuping kamu lengkap dengan lirik-lirik unik bin nyeleneh. Tengok single pertamanya ‘ Not Afraid’ yang langsung laris manis di no.1 chart billboard berpekan-pekan. Not Afraid menawarkan irama rap yang catchy dan begitu segar di telinga kita, bahkan sangat ringan. Dan single kedua pamungkasnya bertajuk I Love The Way You Lie menjadi jawara lewat duet dengan Rihanna. Sangat brilian dalam pemilihan Rihanna sebagai teman duet, mampu membuat lagu ini terdengar sangat seksi di bagian refrain dan sekaligus membuat anda kecanduan memutarnya. Masih ada track-track yanga amat direkomendasikan seperti Won’t Back Down (ft. Pink), No Love (ft Lil Wayne), Cinderella Man, Almost Famous atau Talkin’ 2 Myself.

 

 

Mariah Carey /  “Merry Christmas II You”

(****)

 

Mariah Carey sangat brilian meluncurkan album natal sebelum bulannya tiba, alhasil album ini langsung dipilih penikmat musik sebagai salah satu album terbaik untuk soundtrack menyambut natal. Dan Mimi mempersembahkan hadiah natal terbaiknya, mendengarkan album ini seperti mendengarkan suara malaikat; sangat lembut, penuh harmoni, dan membungakan hasrat kita. Mimi benar-benar memberikan kualitas vokal terbaiknya melalui iringan orkestra, piano, maupun hanya gesekan biola. Mimi seakan membanjri album ini dengan vibranya yang khas serta teknik whistle voice nya yang maha dahsyat, sangat racun bagi saya! Anda akan merasakan betapa masterpiece nya natal dengan diputarnya album ini. Single pertamanya Oh Santa! diiramakan dengan tempo yang menghentak serta dibalut suara gospel (yang menurut saya lebih cenderung paduan suara cheerleader), begitu membangkitkan semangat. Selanjutnya album ini menyuguhkan track-track mellow yang mendamaikan hati meski kebanyakan merupakan recycle dari lagu wajib natal seperti The First Noel / Born Is The King (Interlude), O Little Town Of Bethlehem / Little Drummer Boy (Medley), Oh Come All Ye Faithful / Hallelujah Chrous (Featuring Patricia Carey), One Child, Christmas Time is In The Air Again, atau Auld Lang Syne (The New Year’s Anthem). Menariknya Mimi juga menyisipkan remix dari lagu hits natalnya terdahulu yaitu All I Want For Christmas Is You (Extra Festive). So it’s very recommended !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s