Movie Review

The Invention Of Lying (2009): Kejujuran Vs Kebohongan


Film The Invention of Lying. Directed by Ricky Gervais & Matthew Robinson. Starring Ricky Gervais, Jennifer Garner, Jonah Hill, Louis C.K., Jeffrey Tambor. Genre Comedy. Runtime 99 minutes . [Universal Pictures]

(***)

“Sanggupkah anda bertahan dengan seseorang yang terlalu jujur dalam mengatai-ngatai kekurangan fisik ataupun kelemahan  pribadi anda?”

Ricky Gervais membuat kegilaan dalam gulungan pita seluloid film yang bertajuk The Invention of Lying. Bersama rekannya Matthew Robinson, Gervais yang terlebih dahulu sukses sebagai penulis serial The Office ini menciptakan sebuah dunia dimana masyarakatnya sama sekali tidak pernah mengenal kebohongan. Dari berbagai peradaban dan segi religiulitas pun secara terang-terangan mengajarkan kalau kejujuran itu adalah tindakan mulia yang wajib dilakukan oleh umat manusia. Namun Gervais cenderung menawarkan sisi lain dari kejujuran itu yang kadangkala juga mampu berubah menjadi boomerang yang mampu menyakiti balik perasaan seseorang. Bayangkan bagaimana jika seseorang yang anda kenal atau cintai secara jujur dan vulgarnya mengungkapkan kelemahan atau kekurangan anda tanpa sama sekali memperhatikan perasaan anda. Dengan formula tersebutlah Gervais mulai meramu bumbu-bumbu komedi lewat dialog-dialog jujur masyarakat yang diciptakannya itu, dimana langsung menimbulkan gelak tawa meski nyatanya terkesan kurang beretika. Awalnya penonton pasti mengerutkan dahi menonton keadaan kota yang dipenuhi orang-orang yang sedang mengejek satu sama lain tanpa rasa bersalah sekali pun di raut wajah mereka. Namun, penonton pun akan segera keluar dari zona keanehan tersebut setelah menelan rapat-rapat kondisi aneh masyarakat yang diciptakan Gervais tesebut dan menikmati dialog-dialog ‘jujur-yang-menyakitkan’ itu sebagai bumbu komedi yang luar biasa.

Invention Of Lying tak hanya berkutat dalam ‘kejujuran’ masyarakatnya tersebut, Gervais pun turut mengambil alih peran utama sebagai Mark Bellison, karakter pria malang bertubuh gemuk yang tidak mulus dalam hal karir dan percintaan. Namun, tiba-tiba keadaan Mark berubah 180 derajat ketika untuk pertama kalinya dia mengatakan kebohongan dalam kehidupannya. Tebak, Mark pun menjadi pencerita bohong yang digemari oleh orang-orang sekitarnya yang belum mengerti akan arti kebohongan. Setiap kebohongan yang diucapkan Mark selalu saja berbuah manis. Idiotnya, orang-orang disekitarnya pun percaya begitu saja tanpa menaruh rasa curiga. Dalam situasi tersebut atmosfer komedi makin terasa saja, bahkan kadar leluconnya makin meledak-ledak ketika Mark mulai menghadapi persoalan dengan orang-orang yang terlalu mempercayai kebohongannya tersebut. Mark bak penulis naskah kebohongan yang paling pintar dan popular di dunianya itu.

Selain persoalan ‘ajib’ seorang Mark, tak ketinggalan Gervais juga turut menyodorkan Jennifer Garner sebagai Anna yang merupakan love interest untuk Mark. Kisah komedi cinta mereka pun akan membikin anda terpingkal-pingkal lewat tindakan jujur dan polor Anna yang ditimpali raut wajah bulat nan pasrah Mark. Barangkali formula dengan ‘kebohongan vs. kejujuran’ ini tidak baru; setidaknya tidak asing ditemukan dalam film sejenis Yes, Man ataupun Liar, Liar. Plot cerita serta pesan moral yang diinginkan sudah pasti mampu ditebak penonton bakal kemana juntrungannya. Secara sisi komikal tentunya Gervais serta Matthew cukup mampu mengeksekusi rasa humoris si setiap plotnya dengan kadar yang berjalan konstan. Memang tidak ada karakter yang cukup kuat dalam film ini, namun naskah komedi nya ini saja sudah cukup untuk memasung anda dalam tawa tiada akhir. Pesan moralnya; jangan pernah kapok berkata jujur setelah menonton film ini, tertawalah…!

2 thoughts on “The Invention Of Lying (2009): Kejujuran Vs Kebohongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s