Movie Review

LEAP YEAR (2010) : Saatnya Wanita Yang Melamar…


Film LEAP YEAR. Directed by Anand Tucker. Starring Amy Adams, Matthew Goode, Adam Scott. Genre Comedy, Romance. Runtime 100 minutes    . [ Universal Pictures ]

(***)

“Anna planned to propose to her boyfriend on February 29th. This is not her boyfriend.”


Saking kesalnya oleh kelakuan sang pacar yang tak kunjung melamarnya, Anna berkeinginan untuk melamar sendiri kekasihnya –suatu hal yang sangat jarang dilakukan kaum wanita. Keinginan gila Anna tersebut juga didukung oleh sebuah fakta bahwa terdapat tradisi unik di Irlandia kalau kaum wanita boleh melamar kekasih prianya saat tahun kabisat tepatnya pada tanggal 29 Februari. Maka bepergianlah Anna jauh hingga mencapai Dublin, Irlandia untuk menemui Jeremy kekasihnya itu. Namun perjalanannya tersebut dibumbui insiden badai yang mengacaukan jadwal penerbangan, sehingga mau tak mau Anna pun harus berjuang dengan segala daya untuk sampai ke Dublin tepat waktu. Dan seperti tebakan cerita sinetron, Anna pun tak sengaja bertemu Declan, seorang pengelola bar & penginapan kecil di sebuah desa terpencil di Irlandia dan menawarkan Declan untuk mengantarkannya ke Dublin. Karena karakter Declan ini agak sengak dan jahil maka dimulailah bumbu-bumbu komedi menghampiri alur perjalanan mereka berdua.

Tak bosan – bosannya menyaksikan sosok seorang Amy Adams bermain film komedi romantis. Masih ingat di tahun 2009 kemarin Amy juga berduet dengan Meryl Streep dalam Julie & Julia, sebelumnya di tahun 2007 begitu sukses tampil dalam Enchanted. Hampir banyak pujian yang menghampiri dalam peran-peran komedi romantisnya, semisal  lewat Cath Me If You Can (2002) atau Junebug (2005). Kali ini Amy lewat karakter Anna mendiskripsikan karakter wanita metropolitan yang keras kepala dan pantang menyerah. Tantangan Amy yang harus menumbuhkan chemistry dengan karakter Declan yang diperankan Matthew Goode begitu praktis sempurna. Goodie juga mampu mengimbangi perannya dengan Amy, sehingga atmosfer romantisme yang dipancarkan begitu mengalir dengan sederhana dan menimbulkan banyak letupan komedi yang sederhana pula. Ya, memang bumbu-bumbu komedi yang ditawarkan sangatlah garing, namun chemistry antara Amy dan Goodie-lah yang menjadi daya pikat utama selain faktor naskah cerita yang sangat baik.

Leap Year pula menawarkan sinematografi lanskap indah panorama Irlandia melalui kastil, pegunungan, hingga suasana pedesaan disana. Sutradara Anand Tucker yang lebih dikenal sebagai sutradara TV dan iklan mampu menggiring plot-plot Leap Year dengan ending yang terbingkis dengan apik. Alur cerita hampir saja menuju akhir yang begitu berat untuk diterima oleh ketiga karakter, namun Anand memang sengaja memboyong kita dalam adegan tersebut sebelum akhirnya kita diberi santapan nikmat dari ending yang sesungguhnya. Meski komedi romantis sejenis Leap Year bakal terjebak dalam formula cerita sinetron atau pendekatan ala film India, namun dengan membawa unsur tradisi Irlandia dan tahun kabisatnya tentu menutupi keklisean percintaan para karakter. Leap Year lagi-lagi direkomendasikan untuk penonton yang memiliki pasangan atau pun jomblowan yang ingin merasakan keromantisan Anna dan Declan.

2 thoughts on “LEAP YEAR (2010) : Saatnya Wanita Yang Melamar…

  1. This was the most enjoyable movie I have seen
    in years. I would give it 10 stars.
    Loved every minute of the movie—so well done.
    Would like to see the movie win in many categories at the Academy Awards—and the two
    main actors were great together–would love to
    see them together again in another movie.
    Both are very good looking too.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s