Movie Review

PLAY ON (Carrie Underwood -2009): Keep Play With Carrie


Album : Play On
Singer : Carrie Underwood

Stars: (***)

Salah satu diva country generasi masa kini, Carrie Underwood menghadirkan album rekaman ketiganya yang bertajuk Play On –sudah dirilis 3 November 2009 lalu. Sebelumnya Ms. Underwood ini telah mendulang sukses lewat album Some Heart dan Carnival Ride, dimana pula berhasil membawa Grammy di setiap nominasi country yang disandangnya. Atmosfer yang begitu berbeda dari kedua album sebelumnya, Play On lebih terdengar sederhana dan minim track rock country yang menghentak semacam Before He Chest atau Just A Dream. Meski begitu, di album ketiganya, vokal serta cara bermusik Carrie terdengar lebih matang dan terkesan enggan bermain di area yang aman alias mengeksplorasi sisi terbaik dari seorang Carrie Underwood.

Play On benar-benar kaya akan kombinasi melodi ballad country, pop, hingga alternatif. Belum lagi instrument yang digunakan seperti violin, fiddle, cello, percussion, bass, piano, electric guitar, acoustic guitar, steel gitar, mandolin, dan banjo mampu menghasilkan suara-suara catchy yang kental dengan aroma country kontemporer.

‘Cowboy Cassanova’ dilempar sebagai single pertama di album ini, dengan didominasi hentakan drum yang dipadupadankan dengan ‘sound’ steel gitar, electric gitar, hingga biola. Ditambah vokal Carrie yang bermain dalam tempo sedang sehingga untuk mencapai nada-nada tinggi di bagian refrainnya pun masih terdengar ciamik. Selanjutnya untuk single kedua, Carrie mencoba peruntungan dengan Mama’s Song yang cenderung ballad country dan bertempo lambat. Dimana, yang menjadin nilai tambah untuk single ini ialah liriknya yang terkesan seperti curahan hati Carrie yang berusaha untuk meyakinkan dirinya bahwa sesorang kekasih yang dipilihnya untuk menemani hidupnya kini merupakan orang yang terbaik baginya. Wah, pas banget didedikasikan untuk Mike Fisher –kekasih Carrie.

Temporary Home yang didaulat sebagai single ketiga juga enggak mau kalah, meski lagi-lagi kental dengan nuansa mellow. Namun, single ini mampu memperdengarkan sound yang lembut dan cenderung pop. Ingin yang sedikit menghentak, track bertajuk Undo It mampu memberikan peforma yang lebih nge-beat dan sisi garang dari vokal Carrie. Undo It lebih menjadi sebuah lagu menyatakan penyesalan seorang cewek yang kini berharap bisa mengulang kembali masa-masa pertemuan dengan laki-laki pujaan hatinya. Sama halnya dengan Undo It, track yang berjudul Unapologizae juga menggunakan formula yang agak up tempo atau bernuansakan rock/alternatif.

Carrie memang sangat banyak mengusung nuansa mellow dan ballad dalam Play On. Dengarkan saja lagi Look At Me, Someday When I Stop Loving You, What Can I Say atau Change. NUansa yang lebih ceria juga ditawarkan track semacam Play On, This Time, hingga Song Like This. Saya sendiri sangat favorit dengan track bertajuk Quitter yang memang terdengar cita rasa country kontemporer yang amat nendang di kuping, dimana menawarkan permainan instrument mandolin yang berpadu dengan steel guitar dan acoustic guitar. Selain itu track Play On juga akan langsung meracuni kuping anda dengan refrainnya yang memang easy listening. Sayangnya, cita rasa country yang amat lekat di album pertama dan kedua Carrie, tidak mampu dihadirkan dalam Play On. Mendengarkan Play On terkadang seperti mendengarkan Fearless –nya Taylor Swift yang terlalu banyak diracuni track-track pop/kontemporer. Namun tentunya tidak terlalu negative, mengingat Play On bakal memiliki peluang layaknya Fearless yang mampu memikat para penikmat music non-country.

Secara keseluruhan Play On menjadi kumpulan ungkapan cinta seorang Carrie yang didedikasikan penuh untuk kekasihnya. Play On lebih cenderung sebagai obat penyemangat, meski dengan adonan ballad yang bertempo sedang. Album Carrie benar-benar membuat kita keep Play On untuk album teranyarnya ini.

Recommended Tracks: Play On, What Can I Say, Temporary Home, Quitter, Carnival Ride

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s