Movie Review

ORIGINAL SOUNDTRACK “NINE”


Tidak bisa ditampik, daya tarik film musikal selalu terletak pada penataan musiknya baik score maupun lagu-lagu nya yang memuat berbagai lirik unik. Begitu pula dengan NINE, film arahan Rob Marshal ini meski tidak sefantastis Chicago, namun lagu-lagu yang dibawakan oleh aktor dan aktris papan atas didalamnya patut dipuji. Apalagi sang aktor dan aktris juga dituntut untuk bisa menari, sehingga kombinasi tarian dan nyanyian memiliki kerumitan tersendiri dalam membawakannya.
Semisal daya tarik Penelope Cruz yang menari penuh sensualitas sambil menyanyikan A Call From The Vatican. Dia mampu mengeluarkan aura sex appeal-nya dengan pembawaan karakter vokal yang begitu kuat. Siapa yang menyangka seorang Penelope bisa menyanyi seseksi itu. Mungkin ini yang turut membikin dia pantas lagi untuk mendapatkan nominasi Oscar. Meski sudah berkeriput, Judi Dench juga tidak mau kalah mengadu vokalnya meski terbilang ‘pas-pas an’ lewat Folies Bergenre. Ada pula si Sophia Loren yang turut menyumbang suara dalam track Guarda La Luna, meski dia tidak ikut menari.
Sebagai aktor utama yang dikelilingi tujuh wanita, Daniel Day-Lewis juga tidak mau kalah menyanyikan dua lagunya sendiri. Guido’s Song dan I Can’t Make This Movie, dibawakan dengan rada-rada aksen Italia ala Guido (Lewis), dimana temponya berubah-ubah disesuaikan dengan penghayatan Lewis dalam lakonnya. Marion Cotillard sebagai Luisa Contini pun melantunkan My Husband Makes Movies dengan begitu catchy nan melankolis. Apalagi di lagu tempo cepat seperti Take It All, Cotillard menyanyikannya begitu total yang dibalut tarian stiptis liar. Karakter suara Cotillard juga sangat kuat dan unik. Tidak heran jika dia bisa bernyanyi dengan apik, karena sebelumnya dia juga sempat berduet dengan Frans Ferdinand untuk single The Eyes of Mars. Di La Vien Rose, film perancis yang membuatnya menang Oscar pun, juga dituntut pintar menyanyi seperti Edit Piaff karakter yang diperankannya.

Mendengar Nicole Kidman bernyanyi tidaklah begitu mengejutkan. Wanita ini sudah pernah berduet dengan Robin Williams dalam Something Stupid serta pengalamannya berakting di musikal Mouline Rouge perlu diperhitungkan. Dan ketika dia membawakan Unusual Way sudah dengan suara tipisnya. Sudah cukup memelowkan lagu mellow itu. Apalagi Sarah Ferguson alias Fergie besutan personel R&B BEP ini, sangat brilian menyanyikan Be Italian dengan suara seksi dan tarian bitchy nya yang makin memanaskan suasana. Be Italian layak menjadi salah satu track favorit dalam OST. NINE ini. Favorit lainnya juga jatuh pada lagu Cinema Italiano yang dibawakan Kate Hudson. Refrainnya sangat menggoda, enerjik, dan powerful.

Nilai plusnya, masing-masing aktris dan aktor memiliki karakter suara yang kuat dan unik. Lagu-lagu yang dibawakan cukup diatas rata-rata vokal mereka alias jauh dari kata fales. Lagu-lagunya pun kaya tempo dan aransemen, kombinasi lagu tempo sedang dan tempo cepat sangat pas. Penataan score-nya itu yang bikin enggak nahan untuk menonton ulang lagi filmnya. Jadi apa anda termasuk yang menyukai OST NINE ini??

RECOMMENDED TRACKS : Cinema Italiano, Be Italian, A Call From Vatican, My Husband Makes Movies
BONUS TRACK ON CD : lo Baci, Tu Baci (The Noisettes) , Cinema Italiano (The Ron Fair Remix), Unusual Way (Griffith Frank), Quando Quando Quando (Fergie)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s