Movie Review

CRAZY HEART : MELODI COUNTRY DALAM KEHIDUPAN MUSISINYA


Film : Crazy Heart. Sutradara: Scott Cooper. Pemain : Jeff Bridges, Maggie Gyllenhaal, Colin Farrell.Genre :Drama. (FOX SEARCHLIGHT PICTURES)
Popcorn : (***1/2)

“The Harder The Life, The Sweeter The Song”

Musisi country yang sudah renta itu bernama Bad Blake (Jeff Bridges). Dia sibuk menyusuri satu kafe ke kafe lainnya, hanya sekedar untuk memanjakan telinga para penggemarnya. Ya, meski rambutnya sudah beruban dan raut mukanya penuh keriput bertebaran, namun kharismatik dan lagu-lagu Blake masih digemari oleh kalangan penikmat music country. Kehidupan Blake adalah cerminan lagu-lagunya yang syahdu. Sudah empat kali gagal membina rumah tangga membuat hidup Blake seras kosong, dan semberawut. Ditambah ketika putranya tidak mau lagi mengakuinya sebagai ayah, lantaran si anak ditelantarkan oleh Blake.

Di kehidupannya yang tak teratur, Bad Blake masihlah seorang alcoholic yang enggan berhenti. Meski sudah tua, dia masih menjadi seorang pria yang gila terhadap wanita. Dia selalu menarik perhatian setiap wanita di sela-sela aksi panggungnya dan pun akhirnya nanti berakhir di ranjang. Namun, semenjak Jean Craddock (Magie Gyllenhaal) seorang jurnalis muda yang hendak mewawancarai sosok Blake tiba-tiba masuk semakin dalam ke kehidupan musisi country tersebut. Jean dan Blake pun akhirnya saling jatuh cinta, meski terpaut umur yan cukup jauh. Jean pun mulai mengarahkan hidup Blake untuk kembali ke jalur yang benar. Semua konflik makin berpadu ketika Blake harus berjuang membuang kebiasaan buruknya dan mendapatkan kembali hati Jean. Belum lagi pamor Blake mulai luntur di mata produser rekamannya, lantaran ada bintang country muda bernama Tom Sweet (Colin Farell) yang akan diroketkan oleh pihak label Blake. Dan Blake malah disuruh untuk membantu untuk menuliskan lagu untuk Tom. Tentunya Blake tidak semudah itu ingin keartisannya digeser oleh seorang bintang muda.

Tanpa membaca sinopsis dan review awalnya terlebih daulu, saya langsung bersikeras menonton film ini lantaran sang aktor Jeff Bridges memenangkan piala Oscar untuk aktor terbaik tahun ini. Well, bukan rekomendasi yang bagus bagi kalian yang notabene ‘enggak’ suka dengan music country. Karena hampir scene-scene dalam film ini menampilkan live performance-nya Bad Blake di kafe-kafe yang disinggahinya. Alunan petikan gitar serta hentakan sound band pengiringnya, akan merayu-rayu kuping kalian yang sudah akrab dengan music country. Tapi bagi yang bukan atau pembenci music country, kalian akan tertidur ketika menonton film ini dari awal bahkan akan langsung mematikan dvd anda.
Film arahan Scott Cooper ini penceritaanya sangat lambat, dimana tanpa opening yang berkesan. Sekelas film-film festival adalah kita yang mesti mencari esensi kenyamanan ketika menonton Crazy Heart. Selain itu ada beberapa adegan cerita yang membikin saya janggal. Entah saya tidak mengerti kenapa sangat cepatnya Blake dan Jean berada dalam satu tempat tidur di scene setelah Blake mengajak Jean untuk ke kedai kopi. Padahal tidak ada satupun adegan sebelumnya yang menyiratkan si Jean memiliki chemistry atau perasaan kepada Blake, apalagi jatuh cinta. Setting adegannya pun tidak ada yang cukup menawan di mata saya, karena film ini mengarah ke music country tentu pemandangannya harus ala country seperti di California dengan jalanan yang kanan-kirinya sangat kering kerontang. Apalagi beberapa kafe di kota-kota yang tampak agak sunyi. Tapi itulah estetika ala country, jadi kita tidak bisa mempersoalkannya.

Untuk akting saya akui Jeff Bridges memang pantas meraih Oscar atas kontribusinya di film Crazy Heart. Penampilannya sungguh natural dan benar-benar mampu memberi imej bahwa dia alcoholic kelas berat. Apalagi Jeff mampu menyanyikan lagu-lagu country dengan suaranya yang khas dan memang berkarakter dengan musk tersebut. Saya malah mengira dia memang musisi country sebelumnya. Maggie Gyllenhal juga tampil tanpa cela, karakter yang dimainkannya sangat pas dengan mimik dan gesture serta penghayatan yang ditampilkannya. Serta yang paling mengejutkan adalah tampilnya Collin Farel sebagai Tom Swet, dimana ketika dia menyanyi ternyata enggak jelek-jelek amat, bahkan bisa dibilang diatas rata-rata. Beberapa nomor lagu country di film ini patut diacungi jempol, salah satuny seperti The Weary Kind ciptaan Ryan Bingham dan T Bone Burnett yang langsung memenangkan Oscar untuk kategori Best Original Song.

Overall Crazy Heart dapat membosankan dimatamu dan bisa menyentuh di hatimu. Tergantung mampukah kamu meresapi lagu-lagu Bad Blake dan muatan cerita film ini.

One thought on “CRAZY HEART : MELODI COUNTRY DALAM KEHIDUPAN MUSISINYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s