Movie Review

Alicia Keys and The Element of Freedom’s Review


Judul Album : The Element of Freedom
Penyanyi : Alicia Keys
Produser : Alicia Keys, Kerry “Krucial” Brothers, Jeff Bhasker, Swizz Beatz, Noah “40″ Shebib
Genre : R&B, Soul, Pop

“It feels emotional and vulnerable but there’s also a kind of freedom in it. I can’t quite find a better word than freedom to really describe it. Even though every song has touches of different textures and sounds, the overall [sense of] freedom is the thing that grounds it. It’s definitely the theme of where I am in my life.”
-Alicia Keys-

Begitulah sang diva R&B Soul, Alicia Keys mendeskripsikan makna dari album terbarunya yang bertajuk “The Element of Freedom”, dimana sudah dilempar ke pasaran musik pada 11 Desember 2009 lau. Ini merupakan album keempat Keys yang sangat mengejutkan dari segi tekstur musik ketimbang album-album sebelumnya. Sesuai dengan judul albumnya, Keys memang ingin bebas dalam mengekspresikan gaya bermusiknya, tanpa keterbatasan, terlebih dari perspektifnya kini yang begitu berbeda. Tentunya kebebasan Keys yang dia terjemahkan dalam album ini belum tentu diterima dengan baik oleh para penikmat fanatiknya. Bisa dibilang Keys nekat keluar dari kungkungan album Song In The Minnor, Diary of Alicia Keys ataupun As I am.

Album The Element of Freedom total berisi 14 tracks untuk standard edition-nya dan dalam deluxe edition anda akan mendapatkan 2 tracks bonus. Track pembuka hanya berupa intro tentang The Element of Freedom dengan durasi 12 detik karena hanya berisi suara Keys tanpa iringan musik , sangat singkat bukan!? Bagi saya sendiri track-track di albumnya kali ini tidak terlalu banyak yang bisa saya acungkan dua jempol. Namun track-track seperti Doesn’t Mean Anything dan Try Sleeping With Broken Heart merupakan ramuan musik Keys yang sangat sulit ditolak, dimana anda akan menemukan kombinasi kontemporer antara dentingan piano klasik, alunan bass dan dentuman drum. Doesn’t Mean Anything sendiri dilempar sebagai single pertama yang langsung nempel di telinga saya. Setidaknya Keys pintar memilih single untuk merayu para fans fanatiknya.

Ada pula kolaborasi Keys dengan Beyonce dalam lagu Put It in Love Song yang juga dijadikan jagoan dalam album ini. Namun saya sendiri tidak begitu suka, karena tesktur musiknya cenderung didominasi gaya Beyonce yang otomatis mengurangi nuansa khas Keys. Track berjudul Empire State of Mind (Part II) Broken Down yang merupakan sekuel dari Empire State of Mind versi duetnya dengan Jay-Z sebelum akhirnya album ini dirilis. Lagu ini begitu kaya alunan vintage soul dan R&B serta suara serak Keys yang meracuni telinga saya hingga enggan beranjak mendengarkannya. Ya tentunya lebih senang mendengarkan Keys dengan solo membawakan lagu ini tanpa perlu cuap-cuap Rap si Jay-Z. Terakhir, dari sekian lagu saya puji di albumnya ini, track berjudul That’s How Strong My Love Is tercatat paling sering saya dengarkan.

Saya akui album As I am lebih menarik ketimbang album The Element of Freedom. Mungkin dikarenakan tekstur musik baru yang disajikan oleh Keys tidak seutuhnya mampu menarik perhatian kuping para penikmatnya yang terlalu setia dengan gaya bermusiknya di album-album sebelumnya. Meski Keys bebas mengeksplorasi warna musiknya, namun tetap konsisten memadupadankan Pop, R&B, Soul, dan Jazz kedalamnya. Overall, kondisi album Keys ini sama halnya dengan Memoirs of Imperfect Angel miliknya Mariah Carey. Terlalu berekspektasi banyak namun diluar bayangan terlalu sedikit lagu-lagu yang diharapkan luar biasa.

RECOMMENDED TRACKS : Doesn’t Mean Anything, Try Sleeping With Broken Heart, Empire State of Mind (Part II) Broken Down, That’s How Strong My Love Is

point :: (3/5)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s