Movie Review

It’s Complicated: Ketika Jatuh Cinta Lagi Dengan Sang Mantan…


Sutradara : Nancy Meyers
Pemain : Meryl Streep, Alec Baldwin, Steve Martin
Distributor : Universal Pictures

“Apa jadinya bila dua pasangan yang dahulu bercerai kembali dihadapkan pada perasaan bahwa mereka jatuh cinta lagi terhadap satu sama lain? Apakah mungkin mereka akan rujuk dan bersatu kembali ?

Begitulah Jane (Meryl Streep) yang mau tak mau harus kembali berhadapan dengan mantan suaminya, Jake (Alec Baldwin) dikarenakan tengah menjelang hari kelulusan putranya. Hubungan Jane dengan Alec pun tidak terlihat renggang seperti kebanyakan pasangan yang sudah bercerai, malah mereka tampak saling bergurau tanpa menyimpan dendam sedikitpun. Sekalipun itu Jane merasa sedikit minder dengan istri baru Alec yang lebih muda darinya dan lebih seksi.

Tak disangka Jack kembali memendam hasrat dengan mantan istrinya itu. Gairah seksual Jake pun lebih terdorong ketika dia bertemu dengan Jane. Jane pun secara terang-terangan merespon perasaan Jack tersebut dan kembalilah mereka merasakan gejolak ketika dulu masih berpasangan. Namun, ada perasaan yang bergelayut cukup rumit dalam diri Jane, karena Jane merasa bahwa hubungannya bersama Jack kini adalah hal yang terburuk, bahkan Jane mengkonotasikannya sebagai ‘affair’. Di sisi lain, Adam (Steve Martin) yang seorang arsitek pribadi Jane diam-diam mendekatinya pula. Jane sempat terbuai dengan sosok Adam yang berstatus sama dengannya yaitu sudah bercerai. Serangkaian kekonyolan, kecemburuan, dan bumbu-bumbu seks pun melengkapi alur cerita komedi romantis yang begitu sederhana ini. Nancy Meyers yang sudah ahli menangani genre yang serupa tentunya tidak kewalahan menyempurnakan film ini dari awal hingg akhir. Tengok saja film Something Gotta Give yang pernah disutradarainya mampu laris secara komersil dan menominasikan Diane Keaton dalam ajang Oscar.

Bagi kebanyakan orang tentunya tema yang ditawarkan film Its Complicated cenderung klise dan biasa-biasa saja. Namun sebuah ide cemerlang menempatkan karakter Jane dan Jack yang sudah berumur untuk kembali mencicipi romantika dan perkencanan ala anak muda. Tentunya ini yang menjadi daya tarik kekokohan kisah dalam film ini. Meyers pun mampu membangun bumbu-bumbu komedi yang tampaknya memang sangat simple dan tidak berlebihan. Sesuai dengan judulnya It’s Complicated, kita pun tidak dibiarkan untuk semudah itu menebak akhir cerita film in. perlahan kita dibawa dalam kondisi Jane yang sangat menikmati hubungannya dengan Jack. Banyak sekali secene yang menipu perwajahan Jane yang pada kalanya kita menganggap dia benar-benar marah dan kecewa dengan Jack. Tapi silih berganti scene yang mempertemukannya dengan Jack, seakan-seakan kekecewaan itu tidak ada lagi dan malah mereka kembali berbunga-bunga. Sempat akhirnya menebak bahwa ending film ini akan berujung pada Jake kembali bersama dengan Jane untuk selama-lamanya, dikarenakan Jake memilih untuk pergi dari kehidupan istri mudanya. Namun, ternyata tebakan itu salah ketika anak-anak Jane dan Jake mengetahui hubungan orang tuanya itu. Mereka sempat kecewa dengan Jane dan menganggap yang dilakukan Jane terhadap ayahnya adalah sesuatu yang janggal. Syalalalala…endingnya pun berakhir dengan mengejutkan, Jane memilih tidak kembali ke pelukan Jack dan malah merespon pendekatan Adam.

Meryl Streep mampu memerankan karakter Jane dengan apik dan begitu sederhana. Sosoknya sangat bersinar dengan watak keibuan dan kesederhanaan itu yang terpenting, karena flashback lagi banyak film yang diperankan Meryl di tahun-tahun sebelumnya begitu menonjolkan perannya yang rumit dan serius. Tahun 2009 mungkin menjadi tahun yang bersinar bagi Meryl, karena dia mampu mainkan dua peran dalam dua film sekaligus, selain Its Complicated dia juga memrankan sosok Julia Child dalam Julie dan Julia. Bahkan dalam ajang Golden Globes dirinya dinominasikan dalam kategori Best Actress untuk Komedi dan memampangkan namanya dalam dua film itu sekaligus, wow,.,!!!

Alec Baldwin dan Steve Martin juga masing-masing mampu membangun performa yang kuat sebagai Jack dan Adam. Tumben rasanya melihat Baldwin bermain dalam genre komedi romantic, karena dia terlalu sering muncul dalam film berbau criminal atau politik. Steve Martin yang mendapatkan porsi yang bias dibilang tidak terlalu banyak dalam film ini, mampu menampilkan kesan tanpa cela. Kekonyolan yang sering dia bawa di film-film komedinya yang lain, tidak dibawanya di Its Complicated. Mudah-mudahan memang karena tuntutan skrip naskah yang membuat dia tampil sederhana tampa guyonan yang berlebihan, bukannya dikarenakanm minder dengan Meryl Streep lawan mainnya.

Overall, film baru Nancy Mayers ini amat menghibur. Meski genrenya amat santai yaitu komedi romantic namun kualitasnya patut diacungi jempol. Apa mungkin setelah Golden Globes, film ini mampu menembus nominasi Oscar dari sekian banyak film-film serius berkualitas tinggi? Tentunya sayang sekali jika anda melewatkan film ini dalam daftar tontonan anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s