Movie Review

An Education : Ketika Mempelajari Sebuah Pilihan…..


Sutradara : Lone Scherfig
Pemain : Carey Mulligan, Alfred Mollina, Peter Sarsgaard

Sometimes An Education isn’t Always By The Book…..

Tagline itulah yang akhirnya ditemukan Jenny (Carey Mulligan) di akhir kisah cintanya bersama David (Peter Sarsgard). Jenny yang berusia 16 tahun hidup sebagai seorang siswi yang pintar dan rajin di sekolahnya di kota Twickenham, dekat pinggiran kota London. Pertemuannya dengan David diawali ketika dirinya menanti bus di tengah hujan deras sambil memegangi cellonya dan David pun menawarkan tumpangan untuknya. Semakin intensnya pertemuan Jenny dengan David, ditambah David menawarkan segala sesuatu yang selalu diidam-idamkan Jenny membuatnya langsung jatuh cinta pada sosok David. David pernah mengajak Jenny ke konser klasik kesukaannya, mengunjungi museum, bahkan berlibur ke Perancis sesuatu hal yang ditentang oleh ayahnya yang konservatif. Alhasil impian Jenny untuk berkuliah di Oxford pun pupus sudah, karena dia lebih memilih untuk bersama David yang umurnya dua kali lipat darinya.
Awalnya hubungan Jenny dan David sempat ditentang oleh Ayah Jenny, Jack Miller (Alfred Molina), namun dikarenakan David pintar merayu dengan sikapnya yang intelektual dan cerdas sehingga Jack pun akhirnya luluh. Jack yang awalnya sangat menuntut Jenny untuk kuliah di Oxford, seketika menjadi kendor dan malah menyetujui pilihan Jenny untuk menerima lamaran David. Belum sampai di altar pernikahannya, Jenny pun akhirnya dihadapkan pada sebuah kenyataan tentang siapa sebenarnya David, dimana akhirnya menentukan betapa salah pilihannya untuk menikahi David.
Film dengan tema yang cukup sederhana berhasil diangkat oleh sang sutradara Lone Scherfig dengan cukup berkelas, dimana kentalnya background British membuat film ini menjadi spesial ketika saya tonton. Sempat saya meragukan kualitas film ini, dikarenakan judulnya yang kurang menarik bagi saya, An Education jika dibahasakan menjadi Sebuah Pendidikan. Rasanya agak kurang dramatis untuk pemilihan judul, dan pula tidak unik, terlalu biasa. Tapi ternyata pepatah don’t judge a book by its cover berlaku untuk film ini, ditambah permainan aktris dan aktornya yang tanpa cela sangat mendukung keberhasilan alur cerita naskah yang simpel.
Carey Mulligan berhasil mempersembahkan performa terbaiknya di film ini, mungkin bisa dikatakan dia sedang beruntung bermain di film yang bagus sehingga akting Carey layaknya Ellen Page di Juno pun berhasil mengantarkannya untuk mencicipi beberapa nominasi best actress di berbagai ajang penghargaan berkat film ini. Bahkan Carey Mulligan masuk untuk kategori Best Performance by an Actress in a Motion Picture – Drama dalam ajang 67th Golden Globes tahun ini, jelas membuka peluang baginya untuk menerima nominasi serupa di ajang Oscar mendatang. Selain Carey, akting Alfred Molina dan Peter Sarsgad pun tidak mengecewakan menurut saya.
Untuk akting bisa diberi rating 4 dan untuk segi cerita 3 ½, Film An Education tetap menjadi salah satu film terbaik tahun 2009 kemaren dan kita tunggu peruntungan film ini di ajang Oscar mendatang.

One thought on “An Education : Ketika Mempelajari Sebuah Pilihan…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s