Movie Review

NEW MOON: REALLY BORED ROMANCE ON THE SCREEN


Judul Film : New Moon
Pemain : Kristen Steward, Robert Pattinson, Taylor Lautner, Michael Sheen, Dakota Fanning, Ashley Greene, Rachelle Lefevre, etc.
Sutradara : Chris Weitz

Setelah setahun yang lalu terkantuk-kantuk menonton Twilight yang kata temen dan orang –orang sekeliling saya KERENNNNNNNNNNNN, akhirnya tepat pada tanggal 27 November 2009, saya ingin merasakan sensasi ‘KEREN YANG DIKATAKAN FANS TWILIGHT’ dengan menonton installment kisah Twilight saga yaitu NEW MOON. Sekedar ingin membuktikan apakah sense movie freak saya yang buruk atau semata kecemburuan saya sama tampang Edward Cullen yang katanya tampan itu (wkwkwkkwk..oke gua emang gak seputih dia kok!!hehe). Dan saya pun bela-belain datang jam 08.30an AM untuk mengantre di Galeria 21, you know what!!??Antreannya puanjangggggg, maybe karena bercampur dengan orang-orang yang ingin menonton 2012 (gua aja belum). Untungnya temen saya rela menjadi volunteer untuk mengantre beli tiket dengan trik sikut sana sikut sini (inisial temen saya LP yang emang urat malunya udah putus).
Sebelumnya saya juga punya ekspektasi besar untuk film ini, karena thrilernya memang lumayan oke dan membuat saya penasaran terlebih dengan Volturi dan Jacob yang dikisahkan lebih banyak porsinya. Dan jujur saya hampir membaca novel New Moon. Namun karena kesibukan dan mood membaca saya yang kurang, saya pun hanya bertahan sampai halaman 30 dan terpaksalah saya kembalikan lagi pada teman saya. Oke, tanpa berbasa-basi ria langsung saya review saja.
Sedikit sinopsis di New Moon, sesuai dengan buku rekaan Stephanie Mayer dikisahkan hubungan percintaan antara Edward Cullen dan Bella Swan berada di ujung tanduk yang berujung Edward memutuskan Bella dengan alasan Edward tidak akan mungkin bisa bersama dengan Bella karena keadaannya yang sebagai vampire akan mengancam kehidupan Bella yang notabene manusia. Di tengah terombang-ambing pasca diputusin sama Edward, Jacob pun masuk ke dalam kehidupan Bella. Jacob yang sudah lama menyimpan hati dengan Bella ini pun, mampu memberikan cahaya baru dalam kekosongan hati Bella. Dan dengan mudah ditebak cinta segitiga pun terjadi.

Well, ternyata semua ekspektasi saya bahwa film ini bakal keren dan mencairkan kebosanan setahun yang lalu pasca twilight pun buyar seketika dan malah kebosanan teramat hingga hampir di pertengahan film ini. Saya rasa wajar memang bila New Moon yang genre-nya Drama Romantis bertebaran adegan cinta-cintaan dan cium-ciuman dan saya akui bahwa saya memang penikmat film-film bergenre percintaan. Namun apa jadinya jika terlalu over adegan ciuman dan berkasih-kasih ria tentunya juga tidak baik, karena jujur saya menjadi bosan menonton Edward dan Bella berdialog ala Romeo dan Juliet hampir di berbagai scene yang adanya mereka. Saya tolerir jika itu hanya di bagian opening atau diselipkan beberapa di scene yang lain, tapi menit berganti menit dan seterusnya mengapa hanya ada adegan mereka yang berdua-duaan melulu belum lagi minimnya background yang indah dan terlalu sering memakai suasana sore atau petang hari, padahal di Twilight masih agak mendingan pengeksploran panorama hutannya. Meski Edward diceritakan pergi entah kemana dan digantikan sosok Jacob, namun tetap saja kebosanan saya makin merajalela dengan menonton adegan yang serupa.
Memang dalam film ini tidak terlalu banyak bermain efek, yang saya lihat cuma transformasi werewolf saja yang ditonjolkan. Saya pun saking gregetannya masih berharap untuk menonton beberapa scene tentang Volturi dan itu pun saya menunggunya dengan sangat lama karena baru muncul di klimaks film. Untunglah saya merasa terobati dengan penampilan Michael Sheen yang mampu membuat saya terpaku atas pembawaan karakter Aro. Namun masih ada hal yang saya sesalkan adalah para karakter volturi tidak ditonjolkan kekuatan-kekuatan apa saja yang mereka miliki, ya ketegangannya pun jadi sangat nanggung ketika Edward bertarung dengan beberapa dari mereka. Ditambah lagi sangat amat disayangkan Dakota Fanning yang saya sudah tunggu-tunggu penampilannya sebagai Jane (anggota volturi) benar-benar hanya seperti cameo saja, porsinya pun sedikit, untungnya saja masih diberi kesempatan untuk bertarung dengan Edward dengan menggunakan kekuatan ilusinya yang menakutkan. Namun, saya sangat salut dengan pembawaan Dakota yang bikin saya benar-benar penasaran akan karakter Jane yang sangat dingin dan gelap. Wah, dapat disimpilkan saya menonton New Moon hanya tertarik dengan Volturinya saja. Oh Damn!! Saya kira tidak akan menemukan lagi aksi mesra-mesraan Kristen Steward dengan Robert Pattinson dan Taylor Lautner di penghujung film, tapi sebaliknya.
Overall, ini hanya merupakan opini ‘kaca mata movie sense’ saya, jadi bagi para penggemar Twilight tidak usah resah (apalagi pro kontra terhadap saya, wkwk). Memang saya belum membaca novelnya dan tidak tahu apakah memang benar-benar persis antara film dan novelnya. Ya kalo memang tidak sama sah-sah sajalah karena hal itupun terjadi pula pada Harry Potter. Tapi mohon maaf saja menonton New Moon same like watched the bored romance, dan saya berani mengatakan New Moon lebih membosankan ketimbang Twilight, tapi bukan berarti saya mengatakan Twilight itu bagus,hanya lumayan dari tingkat kebosanannya saja. Anyway, tentunya saya masih kurang mengerti kenapa orang-orang mengatakan Twilight saga itu keren. Tapi saya mencoba untuk mengerti kenapa para remaja gadis rela mengantri tiket dan hunting merchandise Twilight. Ya, memang Twilight memiliki fenomena trend tersendiri dalam industry perfilman. Saya pun yakin film ini tetap mampu bertengger di angka no.1 Box Office, mengingat daya tarik ketiga bintang utamanya terhadap remaja-remaja masa kini. Meskipun mereka tidak menyadari dimana letak kejelekan film ini. Maaf!!

5 thoughts on “NEW MOON: REALLY BORED ROMANCE ON THE SCREEN

Leave a Reply

