Movie Review

Ketika Kekasih Lars Hanya Sebuah Sex Doll…`


Judul Film : Lars and The Real Girl (2007)
Sutradara : Craig Gillespe
Pemain : Ryan Gosling, Emily Mortimer, Paul Schneider, Kelli Garner, Patricia Clarkson

“ Gus dan Karin tampak terkejut mendapati teman kencan Lars yang bernama Bianca itu….”

    Bukan tanpa alasan, gadis yang diperkenalkan Lars kepada kakak laki-laki dan iparnya itu adalah sebuah manekin atau sex doll yang dibelinya dari sebuah situs internet. Keanehan itu diperparah oleh sikap Lars yang menganggap boneka itu benar-benar hidup . Dia pun dengan lugasnya memperkenalkan identitas Bianca yang seperti dikatakannya gemar bepergian keliling dunia, cenderung pemalu, keturunan Brazil dan Denmark serta dijelaskan pula kondisi kesehatannya yang tidak baik sehingga terpaksa memakai kursi roda. Gus dan Karin pun menyadari ada yang tidak beres dalam diri Lars dan dokter keluarganya yang bernama Dagmar pun menganalisa hal serupa bahwa Lars mengalami delusi karena kesehatan mentalnya yang kurang stabil, sehingga menciptakan karakter Bianca yang disesuaikan dengan suasana hatinya dalam boneka itu. Sedikit informasi, Lars Lindstrom memang orang yang menutup diri, dimana dia lebih memilih tinggal menyendiri di garasi yang berdampingan dengan rumah Gus dan Karin.
    Kemudian, Lars pun memperkenalkan Bianca sebagai kekasihnya kepada rekan-rekan kerja dan penduduk sekitar dan tak dinyana semua orang di kota itu malah menerima baik kehadiran Bianca tanpa mengungkit-ngungkit bentuknya yang hanya boneka tidak bernyawa. Hal itu untuk menjaga hati Lars yang dikenal amat baik di kota itu dan ingin menyembuhkan mental Lars untuk kembali normal. Bianca pun seketika mengambil peran dalam lingkungan masyarakat itu, dimana dia menjadi sukarelawan untuk model make over di salah satu salon kecantikan, model manekin sebuah butik, hingga relawan dalam acara amal. Sungguh hal yang menggelikan! Oleh Dagmar dan Gus pun akhirnya mengetahui ada sisi masa lalu Lars yang menciptakan delusi itu, dimana ibu Lars meninggal ketika dia dilahirkan serta ayahnya yang tidak mengurusnya seperti anak-anak kebanyakan.
    Film yang berdurasi 106 menit ini dikemas oleh sutradara Craig Gillespe dengan konsep drama komedi satir. Tapi untuk yang bukan penikmat film kategori festival dengan jalan cerita agak nyeleneh ini tentunya agak kesulitan menemukan sisi komedi yang ditawarkan dan akan mengira film ini terlalu berat dan gelap. Akting Ryan Gosling pun patut diacungi jempol, dimana dirinya mampu membangun karakter Lars yang penuh kehampaan dan kebahagiaan yang terkekang. Lucunya, Ryan yang aslinya bertubuh atletis pun dengan rela membuat badannya terlihat tambun. Film ini berhasil masuk nominasi untuk kategori Best Original Screenplay dalam ajang Oscar serta mengantarkan Ryan Gosling sebagai aktor terbaik dalam ajang Satelite Award. Alur cerita film ini pun mulai menemukan akhir yang menyentuh, dimana Bianca kemudian tiba-tiba meninggal. Percaya enggak percaya, Bianca dibuatkan pemakaman layaknya manusia biasa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s